Bola Internasional

3 Tugas Berat yang Selanjutnya Menanti Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-19

Senin, 11 November 2019 19:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini pada laga pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19, Kualifikasi Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini pada laga pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19, Kualifikasi Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Jika nantinya Fakhri Husaini tetap dipertahankan, setidaknya ada tiga tantangan besar yang menantinya di masa mendatang bersama Timnas Indonesia U-19. 

Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 karena menempati posisi teratas Grup K. Bagus Kahfi dkk mengunci tiket ke Piala Asia U-19 2020 usai menahan imbang Korea Utara.

Indonesia menjadi juara Grup K usai meraih dua kemenangan lawan Timor Leste dan Hong Kong dan menahan imbang Korea Utara.

Namun, di penghujung keberhasilan Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 2020, terselip kabar kurang mengenakan di mana pelatih Fakhri Husaini menyampaikan salam perpisahannya. 

Ya, kontrak Fakhri Husaini memang segera berakhir sebelum putaran final Piala Asia U-19 digelar. Baik pemain maupun suporter pun mengharapkan dirinya tetap dipertahankan mengingat pentingnya peran Fakhri bagi Bagus Kahfi dkk. 

Jika nantinya Fakhri tetap dipertahankan, setidaknya ada tiga tantangan besar yang menantinya di masa mendatang bersama Timnas Indonesia U-19

1. Piala Asia U-19 2020

Piala Asia U-19 menjadi tugas berat pertama yang mesti dilalui oleh Fakhri Husaini. Di kompetisi ini sebanyak 16 bersaing menjadi yang terbaik dalam turnamen yang digelar di Uzbekistan tahun 2020. 

Indonesia mungkin bukan negara unggulan di turnamen ini. Namun, David Maulana dkk bisa menjadi kuda hitam berkat penampilan impresif di babak kualifikasi. 

Sejumlah lawan berat pun menanti seperti Australia, Jepang, Korea Selatan, Iran, dan tentunya tuan rumah Uzbekistan. 

2. Piala Dunia U-19 2021

Lebih besar dari Piala Asia, Piala Dunia U-19 2021 bisa dibilang jadi turnamen terbesar yang pernah diikuti Fakhri Husaini. 

Di turnamen ini Indonesia sudah dipastikan lolos ke babak grup berkat keuntungan sebagai tuan rumah. 

Dengan melihat penampilan impresif Indonesia dengan formasi 4-3-3 di bawah Fakhri, harusnya kita bisa mencuri perhatian. Apalagi para pemain Timnas U-19 memiliki skill individu mumpuni usai ditempa di Garuda Select. 

Lolos ke semifinal akan jadi pencapaian luar biasa bagi Garuda Nusantara dan tentunya sangat mungkin untuk diraih karena kita bermain di depan publik sendiri.  

3. Menjaga Konsistensi Permainan 

Pekerjaan rumah atau tantangan besar bagi Fakhri di masa mendatang jelas menjaga konsistensi permainan Timnas Indonesia U-19. Tak hanya menjaga konsistensi, Fakhri harus menaikan level permainan Bagus Kahfi dkk karena lawan yang akan dihadapi adalah dari Asia dan dunia. 

Saat ini Timnas Indonesia U-19 memainkan formasi 4-3-3 yang modern dengan mengedepankan penguasaan bola melalui umpan-umpan pendek

Dengan banyaknya uji coba, tentu permainan timnas bisa semakin terasah. Kita berdoa saja semoga tidak ada pemain yang cedera sehingga keseimbangan permainan Timnas Indonesia U-19 tak terganggu.