Liga Indonesia

Satu Hal Paling Penting Bagi Darije Kalezic di Liga 1 2019

Kamis, 14 November 2019 07:38 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Adriyan Adirizky
Pelatih klub Shopee Liga 1 PSM Makassar, Darije Kalezic. Copyright: © Adriyan Adirizky
Pelatih klub Shopee Liga 1 PSM Makassar, Darije Kalezic.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, menyebut satu hal yang baginya paling penting dibutuhkan seorang pelatih dalam mengarungi Shopee Liga 1 2019.

Pelatih sepak bola 50 tahun ini menyebut kebugaran pemain menjadi hal paling istimewa bagi setiap pelatih klub di Liga 1 2019.

Menurutnya, liga yang normalnya dilaksanakan selama 10 bulan dan untuk Liga 1 2019 ditekan menjadi tujuh bulan membuat jadwal dari satu laga ke laga selanjutnya sangat padat.

Terlebih lagi PSM musim ini mengikuti tiga kompetisi yakni Piala AFC 2019, Kratingdaeng Piala Indonesia, dan Liga 1 2019. Sehingga jumlah laga yang dimainkan dalam satu musim lebih banyak dibandingkan klub lain.

Hal itu semakin diperparah buruknya operator liga yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam pelaksanaannya. Itu dibuktikan dengan banyaknya laga yang ditunda.

Alhasil, setiap klub harus memainkan jadwal super padat hingga akhir musim ini. Hal itupun berimbas kepada kondisi pemain yang rentan mengalami cedera.

Darije sendiri telah beberapa kali mengeluhkan hal tersebut. Itu terjadi lagi saat PSM Makassar hendak melawan Persebaya Surabaya di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/19).

Pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini mengeluh sebab persiapan PSM menjadi sangat terbatas untuk menghadapi sebuah laga.

"Saya hanya bisa bilang kalau pemain saat ini fit. Itu hal yang paling berharga untuk menjalani jadwal yang sangat tidak masuk akal ini," ungkap Darije, Rabu (13/11/19).

PSM Makassar sendiri telah terkena imbas dari padatnya jadwal Liga 1. Sejumlah pemain mengalami cedera seperti Bayu Gatra, Guy Junior, dan Abdul Rahman yang telah menepi dalam waktu yang cukup lama.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%