Bola Internasional

3 Pelatih Klub Top Eropa yang Berpotensi Susul Pochettino Terkena Pemecatan

Rabu, 20 November 2019 16:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Sejumlah pelatih klub top Eropa sepertinya berpotensi susul jejak Mauricio Pochettino terkena pemecatan. Copyright: © INDOSPORT
Sejumlah pelatih klub top Eropa sepertinya berpotensi susul jejak Mauricio Pochettino terkena pemecatan.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pelatih klub top Eropa sepertinya berpotensi susul jejak Mauricio Pochettino terkena pemecatan. Siapa saja mereka?

Nama Mauricio Pochettino pada hari Rabu (20/11/19) ini menjadi buah bibir pecinta sepak bola. Tepat dini hari tadi, sang juru taktik asal Argentina tiba-tiba dipecat Tottenham Hotspur setelah kurang lebih lima tahun bersama.

Alasan pemecatan tak lain karena peforma Tottenham Hotspur yang begitu anjlok pada musim 2019/20. Lihat saja klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-12, Pochettino hanya bisa membawa Tottenham duduk di peringkat 14 dengan torehan 14 poin.

Maklum, Tottenham selama dibesut Pochettino selalu bisa bersaing menghiasi deretan top six papan atas. Namun, yang diraih sekarang jauh dari ekspetasi, sehingga Pochettino harus merelakan jabatannya.

Nasib seperti Pochettino sejatinya sudah biasa terjadi. Pelatih yang gagal meningkatkan peforma klub, harus siap-siap terkena pemecatan.

Bahkan dalam waktu dekat, sepertinya akan ada beberapa nama juru taktik yang menyusul jejak Pochettino. Mereka yang masuk ke dalam daftar ini, merupakan pelatih klub top Eropa dan kesulitan untuk meraih kejayaan.

Siapa saja kira-kira nama pelatih yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba mengulas deretan kandidatnya ke dalam rangkuman berikut.

Ernesto Valverde

© as
Valverde, sang pelatih klub raksasa Catalan Copyright: asValverde, sang pelatih klub raksasa Catalan

Nama Ernesto Valverde menukangi klub LaLiga Spanyol, Barcelona sejak awal musim 2017/18 lalu. Ia datang setelah dibajak dari tim Negeri Matador lainnya, Athletic Bilbao.

Menjalani musim ketiga bersama Barcelona, Valverde tak pernah sepi mendatangkan prestasi. Sebelumnya Valverde sudah memberikan total empat gelar untuk Barcelona, dua trofi LaLiga Spanyol, satu trofi Piala Super Spanyol, dan satu trofi Copa del Rey.

Namun, Barcelona adalah tim yang memiliki sejarah besar. Wajar jika banyak pendukung Blaugrana tak puas dengan kinerja Valverde selama ini.

Valverde dalam dua musim beruntun selalu gagal mengantarkan Barcelona menjuarai Liga Champions. Bahkan, kegagalan selalu tercipta setelah Barcelona gagal mempertahankan keunggulan dan terkena comeback lawannya, AS Roma (musim 2017/18) dan Liverpool (musim 2018/19).

Ketidakpuasan lantas kerap memunculkan isu Valverde bakal didepak. Jika manajemen Barcelona mendengarkan keluhan pendukungnya, mungkin Valverde tinggal menunggu waktu saja mendapat pemecatan.

Unai Emery

© INDOSPORT
Unai Emery saat di laga Arsenal vs Liverpool Copyright: INDOSPORTUnai Emery saat di laga Arsenal vs Liverpool

Musim 2018/19 jadi kali perdana Arsenal tak dihiasi nama Arsene Wenger di kursi kepelatihan. Posisi juru taktik tim lantas diemban Unai Emery.

Kehadiran Unai Emery yang punya reputasi apik menjuarai Liga Europa tiga musim beruntun bersama Sevilla, jelas menggiurkan kubu Meriam London. Ada harapan kalau Arsenal bisa bangkit berjaya lagi di bawah asuhan Emery.

Namun, yang terjadi kini justru meleset dari ekspetasi. Tujuh laga terakhir Arsenal, Unai Emery hanya bisa meraih satu kemenangan saja.

Seruan agar Emery keluar dari Arsenal pun kian gencar memenuhi media sosial. Andai tak ada perbaikan, bukan mustahil Emery dalam waktu dekat akan menyusul Poccetinho dipecat timnya.

Ole Gunnar Solskjaer

© Catherine Ivill/Getty Images
Wajah lesu Ole Gunnar Solskjaer pelatih Man United usai dipermalukan Man City dengan skor 2-0 di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill/Getty Images Copyright: Catherine Ivill/Getty ImagesWajah lesu Ole Gunnar Solskjaer pelatih Man United usai dipermalukan Man City dengan skor 2-0 di Old Trafford pada 24 April 2019. Catherine Ivill/Getty Images

Namanya terkenal sebagai salah satu legenda hebat sekaligus pelatih Manchester United. Awal kedatangannya musim lalu, Solskaer sempat memberikan harapan cerah dengan menyajikan permainan menawan kepada anak asuhnya.

Akan tetapi, Soskjaer ternyata kesulitan menjaga konsistensi permainan skuatnya. Hingga memasuki musim 2019/20, Setan Merah terseok-seok dan menempati peringkat tujuh klasemen.

Mendapati situasi ini, banyak yang berharap agar Solskjaer segera lengser dari kursi kepelatihan Manchester United. Jika nantinya masih saja mendapatkan hasil buruk, mungkin harapan publik terhadap Solskjaer bakal terwujud dan menyusul jejak Pochettino terkena pemecatan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%