Liga Indonesia

Tiga Makna Caption 'Terima Kasih' Ferdinand Sinaga di Akun Instagram-nya

Sabtu, 23 November 2019 09:37 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media PSM Makassar
Pasca insiden didorongnya penyerang klub Liga 1 PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, oleh ketua panpel lokal, suporter dihebohkan oleh unggahan sang pemain di akun instagram-nya @ferdinand17sinaga. Copyright: © Media PSM Makassar
Pasca insiden didorongnya penyerang klub Liga 1 PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, oleh ketua panpel lokal, suporter dihebohkan oleh unggahan sang pemain di akun instagram-nya @ferdinand17sinaga.

INDOSPORT.COM - Pasca insiden didorongnya penyerang klub Liga 1 PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, oleh ketua panpel lokal, Ali Gauli Arief, suporter dihebohkan oleh unggahan sang pemain di akun instagram-nya @ferdinand17sinaga.

Insiden didorongnya Ferdinand terjadi beberapa saat setelah laga melawan Persipura Jayapura di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin (18/11/19). Laga itu sendiri dimenangkan PSM dengan skor 4-0 di mana Ferdinand mencetak gol penutup.

Selebrasi gol Ferdinand Sinaga dengan membuka jersey sambil menutup mata menjadi pemicu kemarahan Ali Gauli Arief. Pria itu menjabat sebagai manajer PSM U-20.

Ferdinand mengunggah sebuah foto dirinya saat berlatih di Stadion Batakan, Balikpapan, dengan caption 'TERIMA KASIH'. Tepat satu hari setelah laga melawan Persipura, Selasa (19/11/19) pagi.

Unggahan yang mendapat ribuan respons dari netizen itu menimbulkan banyak spekulasi. Salah satunya yakni Ferdinand memberi sinyal dirinya akan hengkang dari PSM pada akhir musim ini.

Namun, pemilik nomor punggung 6 di PSM ini memberikan keterangan terkait unggahan yang membuat riuh di kalangan suporter. Sebab, Ferdinand menjadi idola suporter PSM sejak kedatangannya di musim 2015 silam.

Ferdinand sendiri menyebut ada tiga makna dari caption tersebut. Salah dua di antaranya ditujukan kepada pelatih Darije Kalezic dan Ali Gauli Arief.

"Caption itu maknanya banyak. Pertama, terima kasih karena menit bermain yang diberikan oleh pelatih sudah berkurang," ungkap Ferdinand kepada awak media olahraga Makassar, Kamis (21/11/19).

"Terima kasih karena sudah mempermalukan saya di depan banyak orang, anak-anak dan istri saya. Terakhir, terima kasih itu bukan sebagai ucapan untuk pamit dari PSM," sambung ia lagi.

Ferdinand menjadi idola suporter PSM setelah menjadi top skor selama tiga musim berturut-turut. Bahkan, di musim ini ia berpeluang menyandang status itu sebab menjadi top skor sementara dengan 8 gol di Liga 1 2019.

Ferdinand mengemas masing-masing 12 gol di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 dan Liga 1 2017. Sedangkan di ajang Liga 1 2018, ia mengemas 10 gol.

Catatan tersebut tentunya sangat luar biasa sebab Ferdinand selalu menjadi pilihan kedua setelah penyerang asing yang didatangkan PSM setiap setengah musim.

Penyerang Asing PSM Sejak Musim 2016:

1. ISC 2016
Putaran Pertama: Lamine Diarrasouba (Pantai Gading)
Putaran Kedua: Luiz Ricardo Lino (Brasil)

2. Liga 1 2017
Putaran Pertama: Reinaldo Elias da Costa (Australia-Brasil)
Putaran Kedua: Pavel Purishkin (Uzbekistan)

3. Liga 1 2018
Putaran Pertama: Bruce Djite (Australia-Amerika Serikat)
Putaran Kedua: Alessandro Ferreira (Hong Kong-Brasil)

4. Liga 1 2019
Putaran Pertama: Eero Markkanen (Finlandia)
Putaran Kedua: Amido Balde (Guinea Bissau)