Bola Internasional

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia U-23 dari Grup B SEA Games 2019

Senin, 2 Desember 2019 09:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sani Rizki Fauzi berhasil melakukan selebrasi bersama kawanya usai cetak gol Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sani Rizki Fauzi berhasil melakukan selebrasi bersama kawanya usai cetak gol

INDOSPORT.COM - Menghitung peluang lolos Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Vietnam di matchday ketiga Grup B SEA Games 2019

Timnas Indonesia harus menelan pil pahit usai dikalahkan Vietnam 2-1 pada laga ketiga Grup B cabang sepak bola SEA Games 2019, Minggu (01/12/19). 

Menghadapi pemuncak klasemen Grup B, Timnas Indonesia tampil kerepotan di babak kedua. Alhasil, walau sanggup mencetak gol terlebih dahulu melalui Sani Rizki, Timnas Garuda harus kebobolan dua gol di babak kedua. 

Hasil ini cukup mengecewakan karena Indonesia harus melorot ke peringkat ketiga klasemen sementara. Namun begitu, skuat asuhan Indra Sjafri masih memiliki peluang untuk lolos. 

Syaratnya, Indonesia harus mampu memenangkan dua laga tersisa untuk mendapatkan total poin maksimal 12. Untuk syarat ini sepertinya tidak terlalu sulit diwujudkan karena lawan yang dihadapi Timnas Gaurda adalah Brunei dan Laos yang notabene levelnya jauh di bawah. 

Namun begitu, segalanya menjadi lebih sulit lantaran Indonesia harus menang dengan skor besar. Maklum, babak grup SEA Games memakai sistem selisih gol dan bukan head-to-head.

Saat ini, indonesia bukan satu-satunya negara yang berpeluang lolos ke semifinal. Thailand, yang kita kalahkan di matchday pertama, juga memiliki poin sama dengan Indonesia, yakni 6 (peringkat 2). 

Untuk itu, jika nanti Thailand sanggup memenangkan dua laga tersisa (vs Vietnam dan Laos), maka perolehan poin mereka dengan Indonesia akan sama, yakni 12. 

Di sinilah selisih gol sangat menentukan. Saat ini Thailand memiliki delapan selisih gol (10 memasukan, 2 kebobolan). Sementara Indonesia baru tiga (5 memasukan, 2 kebobolan). 

Jika nanti Thailand mampu menang atas Vietnam dan mencetak banyak gol saat lawan Laos, maka selisih gol mereka akan bertambah. Maka dari itu, minimal ketika melawan Laos dan Brunei, Indonesia mesti mencetak 10 gol untuk mengantisipasi Thailand yang bisa memperlebar selisih gol lewat kemenangan besar atas Laos. 

Skenario ini tentunya akan terpakai apabila Thailand mampu menang atas Vietnam. Namun, apabila Thailand kalah atau seri menghadapi Vietnam, maka hampir dipastikan Indonesia melenggang ke semifinal. Sebab, Thailand sudah kalah dua kali.

Sementara Indonesia baru kalah sekali (dari Vietnam). Dua lawan terakhir Indonesia di Grup B relatif sangat lemah yakni Brunei dan Laos. 

Bahkan, Timnas Indonesia bisa saja menjadi pemuncak klasemen apabila Vietnam kalah dari Thailand (sama-sama menang 4 kali dan kalah 1 kali). Namun dengan syarat, Indonesia harus memiliki selisih gol yang lebih banyak dari Thailand dan Vietnam. 

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
57%