Bola Internasional

Pelatih Vietnam Bocorkan 2 Kunci Usai Kalahkan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019

Senin, 2 Desember 2019 00:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana, Prabowo | Editor: Rafif Rahedian
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Sani Rizki Fauzi berusaha keluar dari serangan pemain Vietnam di SEA Games 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Sani Rizki Fauzi berusaha keluar dari serangan pemain Vietnam di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Vietnam U-23 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dalam lanjutan pertandingan Grup B SEA Games 2019 dan Park Hang-seo menyebut dua hal sebagai kuncinya.

Pemuncak klasemen Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, Vietnam sukses memantapkan posisinya, setelah menang dari Timnas Indonesia U-23 dengan skor 2-1, Minggu (01/12/19).

Sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Sani Rizky di menit ke-23, Vietnam U-23 berhasil membalikan keadaan lewat gol Nguyen Thanh Chung di menit ke-64 dan Nguyen Hoang Duc pada masa injury time 90+1.

Park Hang-seo menyebut dua kunci keberhasilan yang memang sengaja mereka terapkan dalam membalikan keadaan di babak kedua atas Timnas Indonesia U-23. 

Kunci pertama adalah kesiapan mereka dalam melatih set piece atau momen bola mati. Itu tercermin dari gol pertama mereka yang dicetak oleh Nguyen Thanh Chung lewat sundulan terarah menyambut sepak pojok.

"Set piece selalu penting. Jadi kami selalu melatihnya dan hari ini kami memiliki keuntungan fisik dari Indonesia. Jadi saya menekankan kepada pemain untuk menggunakan keunggulan fisik itu," kata Park Hang-seo usai pertandingan.

Kunci kedua yang menetukan hasil akhir pertandingan, tak lepas dari perubahan skema yang diterapkan Park Hang-seo. Dari yang sebelumnya memakai satu ujung tombak, dengan memakai dua penyerang di babak kedua.

"Kami gunakan formasi 3-4-3 di babak pertama. Tapi ternyata kami gagal mencetak gol. Jadi kami ganti dengan menempatkan satu lagi penyerang tengah yaitu nomor sembilan. Dan itu bekerja dengan baik," jelasnya.

"Jadi pada dasarnya kami gunakan formasi 3-4-3. Tapi kami juga bisa menggunakan 3-5-2 dan bisa juga dengan empat bek. Jadi setiap formasi tergantung kondisi dan kesempatan," tambahnya.

Dengan kemenangan atas Timnas Indonesia U-23, kini Vietnam semakin mantap di puncak klasemen Grup B SEA Games 2019. Mereka unggul dengan selisih tiga poin dari Timnas Indonesia U-23 yang tepat berada di bawahnya.