Liga Indonesia

Badai Cedera di Sisa Musim Ini, Barito Putera Terpaksa Bongkar-Pasang Pemain

Sabtu, 7 Desember 2019 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Barito Putera, Cassio De Jesus berusaha membuang bola yang hendak direbut gelandang Bali United, Paulo Sergio dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/10/19). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Barito Putera, Cassio De Jesus berusaha membuang bola yang hendak direbut gelandang Bali United, Paulo Sergio dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (27/10/19).

INDOSPORT.COM - Badai cedera masih menghantui Barito Putera di pekan-pekan terakhir Shopee Liga 1 2019. Pelatih Djajang Nurdjaman akhirnya menyiapkan strategi bongkar-pasang untuk menutupi kekurangan di lini belakang.

Kekalahan telak 0-3 dari Semen Padang di Stadion Demang Lehman pada Jumat (6/12/19) semalam menyisakan pekerjaan rumah. Pria yang akrab disapa Djanur tersebut mengakui lini belakang Barito Putera tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan.

Absennya bek asing Cassio de Jesus karena cedera rupanya berdampak signifikan terhadap kekuatan pertahanan tim. Padahal, dalam lima laga terakhir, mereka dapat meraih clean sheet beruntun dan dikenal dengan tembok pertahanannya yang kokoh.

"Semua lini tak bermain seperti yang seharusnya dalam kondisi seperti ini. Secara keseluruhan, lini belakang kami tak sesuai harapan," sebut Djajang Nurdjaman dalam konferensi pers pasca-laga, Jumat (6/12/19).

"Absennya Cassio jelas mempengaruhi lini belakang kami. Kehadiran Cassio akan membuat pemain belakang kami menjadi lebih tenang," sesal Djanur. 

Kondisi itu kian pelik karena bek tengah Barito Putera, Donny Harold Monim, juga menderita cedera saat menghadapi Semen Padang. Praktis, mereka tinggal menyisakan Dandi Maulana sebagai bek tengah murni. 

Guna mengantisipasi hal tersebut, Djanur mengaku siap menerapkan strategi bongkar pasang pemain dan memaksimalkan pemain yang ada. Bukan tidak mungkin, ia akan menempatkan seorang fullback untuk bermain di pos bek tengah. 

"Tinggal tiga laga tersisa musim ini dan kami akan berdayakan pemain yang ada. Bisa saja bek sayap jadi bek tengah," pungkas eks pelatih Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ini. 

Barito Putera masih menyisakan laga kandang kontra PSM Makassar, Rabu (11/12/19), dan laga tandang versus Persipura Jayapura, Senin (16/12/19). Pasukan Djajang Nurdjaman akan menutup Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu Arema FC (22 Desember).