Bola Internasional

Terkena Dua Kartu Kuning, Osvaldo Haay Absen Bela Timnas Indonesia U-23 di Final SEA Games 2019?

Sabtu, 7 Desember 2019 00:51 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay sudah menerima dua kartu kuning sepanjang gelaran SEA Games 2019, apakah dirinya akan absen bela Timnas Indonesia U-23 di laga final mendatang? Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay sudah menerima dua kartu kuning sepanjang gelaran SEA Games 2019, apakah dirinya akan absen bela Timnas Indonesia U-23 di laga final mendatang?

INDOSPORT. COM - Osvaldo Haay sudah menerima dua kartu kuning sepanjang gelaran SEA Games 2019, apakah dirinya akan absen bela Timnas Indonesia U-23 di laga final mendatang?

Timnas Indonesia U-23 pada Sabtu (07/12/19) sore tadi, baru saja memastikan diri lolos ke partai puncak SEA Games 2019. Kepastian didapat usai Skuat Garuda mengalahkan Myanmar 4-2, dalam laga semifinal yang berlangsung hingga perpanjangan waktu.

Mendapati keberhasilan ini, Timnas Indonesia U-23 tentu tak boleh terlena begitu saja. Anak asuh Indra Sjafri harus memikirkan pertandingan final melawan Vietnam, demi memenuhi target medali emas.

Apalagi, salah satu bintang andalan Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay, kini sudah menerima dua kartu kuning sepanjang SEA Games 2019. Kartu kuning pertama didapat Osvaldo ketika jumpa Singapura pada laga fase grup lalu, dan kartu kuning kedua datang di pertandingan semifinal lawan Myanmar tadi.

Pertanyaannya, apakah dua kartu kuning akan membuat Osvaldo absen membela Timnas Indonesia U-23 dalam laga final SEA Games 2019 mendatang?

Banyak kompetisi sepak bola antar negara, menerapkan sistem hukuman larangan bertanding kepada pemain yang telah mendapatkan dua kartu kuning. Pentas SEA Games 2019 sendiri belum jelas apakah menggunakan peraturan serupa atau tidak untuk cabang olahraga sepak bola.

Bila berkaca dari gelaran SEA Games 2017 lalu, hukuman larangan bertanding seperti itu tidak diterapkan sepenuhnya. Pemain yang sudah menerima satu kuning di fase grup SEA Games 2017, akan mendapat pemutihan saat lolos ke fase semifinal.

Andai SEA Games tahun ini belum berganti peraturan, satu kartu kuning Osvaldo pada laga fase grup sudah otomatis diputihkan. Hal itu pun mungkin membuat Osvaldo tetap bisa bermain di laga final kontra Vietnam mendatang.

Namun andai peraturan sudah berganti dan Osvaldo harus absen, ini jelas sebuah kerugian besar untuk Timnas Indonesia U-23. Maklum saja, Osvaldo merupakan pemain tertajam Timnas Indonesia U-23 sekaligus top skor sementara SEA Games 2019 dengan torehan delapan gol.