Liga Indonesia

Main di Kandang saat Laga Terakhir, Kesempatan Spesial yang Selalu Dialami Juara Liga 1

Minggu, 8 Desember 2019 20:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebuah fakta menarik menghiasi gelaran Liga 1, dimana semua tim yang juara selalu bermain di kandang sendiri pada laga terakhirnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sebuah fakta menarik menghiasi gelaran Liga 1, dimana semua tim yang juara selalu bermain di kandang sendiri pada laga terakhirnya.

INDOSPORT.COM - Sebuah fakta menarik menghiasi gelaran Liga 1, dimana semua tim yang juara selalu bermain di kandang sendiri pada laga terakhirnya.

Bali United memastikan diri sebagai juara Liga 1 2019 usia menang di laga tandang melawan Semen Padang pekan lalu dengan skor 2-0, (02/12/19).

Keberhasilan Bali United memastikan status juara itu seklaigus menghadirkan sebuah fakta menarik di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia. 

Sebab dengan keluarnya Bali United sebagia juara musim ini, berarti semua tim yang juara sejak kompetisi berganti nama menjadi Liga 1, adalah klub yang bertanding di kandangnya sendiri pada laga terakhir kompetisi.

Dimulai pada gelaran pertama Liga 1 tahun 2017. Kala itu Bhayangkara FC yang telah memastikan gelar juara sejak pekan ke-33, bisa melakukan pesta di kandang sendiri pada penghujung musim. Karena di laga terakhir (pekan ke-34) mereka bermain di kandang sendiri menjamu Persija Jakarta.

Sayangnya meski bermain di kandang sendiri, Bhayangkara FC harus rela takluk dari Persija Jakarta dalam skor tipis 1-2. 

Meski tak lagi berpengaruh pada kepastian juara, kekalahan itu tentu membuat pesta juara yang sudah disiapkan sedikit tercoreng.

Persija Jakarta

Selanjutnya di Liga 1 2019, Persija Jakarta yang keluar sebagai juara juga mendapatkan kesempatan spesial bisa bermain di kandang sendiri pada laga terakhirnya.

Semakin spesial buat Persija Jakarta kala itu, sebab kesempatannya bermain di kandang berbuah manis dengan kemenangan tipis 2-1 melawan Mitra Kukar.

Kemenangan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) itu menjadi sangat berharga karena bisa membuat Persija Jakarta mengungguli PSM Makassar dengan satu poin, untuk menjadi juara Liga 1 2019.

Bali United

Seakan melanjutkan kebiasaan sebelumnya, juara Liga 1 2019, Bali United juga mendapatkan kesempatan spesial bisa melakoni laga pamungkasnya di kandang sendiri. Pertandingan tersebut adalah laga menjamu Madura United yang akan dimainkan pada Minggu (22/12/19).

Meski sudah pasti menjadi juara sejak jauh-jauh hari, bisa melakoni laga terakhir di kandang sendiri, tentu adalah hal spesial buat Bali United. Sebab mereka bisa secara langsung berbagi dengan suporternya, merayakan pesta juara Liga 1 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.