Liga Inggris

Ada Perlakuan Rasis di Derby Manchester, The Citizens Ambil Tindakan Tegas

Minggu, 8 Desember 2019 09:22 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Manchester City mengambil tindakan tegas yang melibatkan kepolisian usai terjadi tindakan rasis yang dilakukan oleh fans mereka kepada pemain Manchester United. Copyright: © GettyImages
Manchester City mengambil tindakan tegas yang melibatkan kepolisian usai terjadi tindakan rasis yang dilakukan oleh fans mereka kepada pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM - Pihak Manchester City langsung mengambil tindakan tegas yang melibatkan kepolisian usai terjadi tindakan rasis yang dilakukan oleh fans mereka kepada pemain Manchester United, Fred, di pertandingan Derby Manchester Liga Inggris 2019-2020.

Pada Minggu, 8 Desember 2019 dini hari, Manchester United memang bertandang ke Etihad Stadium untuk menghadapi tim tuan rumah Manchester City. Pada laga pekan ke-16 Liga Inggris tersebut, klub Setan Merah sukses menang tipis 2-1 melalui gol Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Setelah tertinggal 0-2 dari rival mereka di babak ke-2, para fans The Citizen yang tak terima dengan hasil tersebut melakukan tindakan tidak terpuji dengan melempari pemain Setan Merah yang bernama Fred menggunakan botol plastik. Tak hanya sampai di situ, fans Manchester City juga melakukan gestur rasis, yaitu gerakan monyet.

Menanggapi hal ini, pihak klub langsung mengambil tindakan tegas seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Sky Sports. Mereka kabarnya menghubungi pihak kepolisian Kota Manchester untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut dan berharap tidak terulang kembali.

"Kami sangat terganggu dengan video yang beredar di media sosial, yang menampilkan gestur rasis dari fans kami di babak ke-2 dalam pertandingan melawan Manchester United malam ini. Pihak klub akan bekerja sama dengan Greater Manchester Police (GMP) untuk mengungkap siapa pelakunya," tulis mereka di situs resmi Manchester City.

"Bersama GMP, pihak kami juga akan menyelidiki benda apa saja yang dilempar ke arah pemain tersebut selama pertandingan. Kami benar-benar tidak akan mentoleransi atas tindakan diskriminatif dalam bentuk apapun dan siapapun yang bertanggung jawab terhadap hal itu akan mendapat hukuman keras," pungkas mereka.

Meski demikian, Manchester United tetap sukses mengalahkan rival sekota mereka itu dengan skor 2-1. Dengan prestasi ini, klub Setan Merah sukses naik ke peringkat lima di klasemen sementara kompetisi sepak bola Liga Inggris musim ini dengan torehan 24 poin. Sementara itu, Manchester City masih bertahan di posisi tiga dengan torehan 32 poin.