Bola Internasional

Road to Final Timnas Vietnam U-23 di SEA Games 2019

Senin, 9 Desember 2019 15:08 WIB
Editor: Juni Adi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sani Rizki Fauzi berusaha keluar dari serangan pemain Vietnam Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sani Rizki Fauzi berusaha keluar dari serangan pemain Vietnam

INDOSPORT.COM - Berikut rangkuman perjalanan timnas Vietnam U-23 untuk bisa mencapai final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019.

Timnas Vietnam U-23 berhasil melaju ke partai final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, setelah menang 4-0 atas Kamboja di babak semifinal pada Sabtu (07/12/19) di Rizal Memorial Stadium, Filipina.

Menghadapi tim kuda hitam, Vietnam yang di atas kertas lebih diunggulkan, sempat dibuat kesulitan untuk menembus pertahanan Kamboja di awal-awal babak pertama.

Bahkan mereka harus menunggu hingga 20 menit, untuk bisa memecah kebuntuan meski banyak serangan yang dilancarkan. Adalah Nguyen Tien Linh yang menjadi aktornya.

Ia mencetak gol sundulan usai menyambut umpan silang lambung dari Le Xuan Tu. Kiper Kamboja, Hul Kimhuy gagal mengantisipasinya.

Lima menit berselang, Vietnam menggandakan keunggulan melalui Ha Duc Chinh menit ke-25. Striker berusia 22 tahun itu mencetak gol keduanya di menit ke-45+2. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kamboja sempat bangkit dan beberapa kali menebar ancaman. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk dan tangguhnya tebok pertahanan Vietnam, membuat peluang mereka terbuang sia-sia.

Vietnam akhirnya mendapat satu gol tambahan di menit ke-69, lagi-lagi dari Ha Duc Chinh. Skor 4-0 bertahan hingga laga usai. Di final, Vietnam akan bertemu dengan Timnas Indonesia U-23, di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/19).

Sebelum melangkahkan kakinya ke babak empat besar hingga final, Vietnam sempat dibuat ketar-ketir selama babak penyisihan grup B.

Tergabung bersama Thailand, Indonesia dan Singapura, tim besutan Park Hang-seo itu nyaris tersingkir dari grup yang sering disebut grup neraka karena dihuni banyak tim tangguh.

Jalan Terjal di Penyisihan Grup

Timnas Vietnam U-23 mengawali sepak bola SEA Games 2019 grup B dengan mulus. Melawan Brunei Darussalam, mereka menang mudah 6-0. Ha Duc Chinh jadi bintang lapangan dengan menyumbang empat gol.

Di matchday ke-2, lagi-lagi Vietnam tak menemui hambatan berarti. Pesta gol lagi-lagi mereka rasakan kala melawan Laos, karena menang 6-1. 

Ujian sesungguhnya baru mereka dapatkan di tiga laga lanjutan, saat bertemu Timnas Indonesia U-23, Singapura dan Thailand.

Melawan Skuat Garuda Muda, Vietnam mendapat perlawanan yang sulit. Namun sayang, pada akhirnya Vietnam mampu memenangkan laga dengan skor tipis 2-1.

Menghadapi Singapura, Vietnam kembali tidak bisa berbuat banyak mereka hanya menang 1-0. Kemenangan tipis di dua laga itu membuat peluang mereka ke semifinal hampir tertutup, setelah Thailand berpotensi menggesernya.

Thailand dan Vietnam pun harus saling bunuh di pertandingan terakhir, untuk merebut tiket semifinal. Bermain di Binan Football Stadium, petaka hampir saja menghampiri Ha Duc Chinh dan kolega.

Bagaimana tidak, secara mengjutkan Thailand berhasil unggul 2-1 di babak pertama hingga turun minum. Namun, Vietnam bangkit di babak kedua. Nguyen Tien Linh mencetak gol keduanya di laga itu dan menyamakan skor jadi 2-2.

Skor 2-2 bertahan hingga laga usai. Tambahan satu poin mengamankan posisi Vietnam di puncak grup B dan lolos ke semifinal dengan status juara grup. Di semifinal, mereka menang 4-0 lawan Laos dan melaju ke final SEA Games 2019 melawan Timnas Indonesia U-23.