Liga Indonesia

Prediksi Pertandingan Liga 1 Persebaya vs Arema FC: Jaga Asa ke Kompetisi Asia

Selasa, 10 Desember 2019 15:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Indosport.com
Prediksi pertandingan Shopee Liga 1 Indonesia antara Persebaya Surabaya vs Arema FC pada Kamis (10/12/19) sore WIB Copyright: © Grafis: Indosport.com
Prediksi pertandingan Shopee Liga 1 Indonesia antara Persebaya Surabaya vs Arema FC pada Kamis (10/12/19) sore WIB

INDOSPORT.COM - Prediksi pertandingan Shopee Liga 1 Indonesia antara Persebaya Surabaya vs Arema FC pada Kamis (10/12/19) sore WIB,  di laga ini tuan rumah berharap raih poin penuh demi menjaga asa tampil di kompetisi Asia musim depan.

Dalam duel sengit bertajuk derby Jawa Timur tersebut, Persebaya Surabaya selaku tuan rumah harus bertanding jauh dari markas mereka di stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di atas kertas, Persebaya Surabaya bakal menjamu sang rival dalam kondisi positif. Pasalnya mereka baru saja mencatatkan enam laga tanpa terkalahkan hingga pekan ke-31.

Teranyar, skuat besutan Aji Santoso tersebut mampu meraih kemenangan telak dengan skor 4-0 saat menjamu Bhayangkara FC pada Minggu (08/12/19) kemarin. 

Catatan tersebut membuat mereka bertengger di urutan kelima dengan selisih empat poin dari Borneo FC di urutan kedua, serta berpotensi mengakhiri musim sebagai runner-up dan berkesempatan tampil di kompetisi Asia.

Hasil yang jauh berbeda dari sang lawan Arema FC, di mana sang Singo Edan masih belum bisa memutus rentetan hasil negatif dalam lima pertandingan terakhir mereka di Liga 1.

Tercatat terakhir kali Arema FC mendapat poin penuh terjadi pada bulan November lalu, yakni saat menang dua gol tanpa balas atas Madura United, namun di lima laga selanjutnya Arema FC hanya meraih dua hasil imbang dan sisanya berakhir kekalahan.

Meski dalam kondisi on fire, Persebaya Surabaya enggan jumawa dan memandang mudah laga kontra Arema FC nanti, bahkan sang kapten Ruben Sanadi meminta rekan-rekannya lebih bekerja keras dan tetap fokus. 

"Sebenarnya jangan ada ambisi, fokus kerja keras yang terpenting. Kalau menurut saya bahaya jika terlalu ambisius. Yang penting kita fokus untuk bisa motivasi lebih saat lawan Arema," kata Ruben Sanadi pada Senin (9/12/19) lalu.

Player to Watch
David da Silva (Persebaya Surabaya)
Pemain berpaspor Brasil ini sangat layak diwaspadai oleh lini pertahanan Arema FC di pertandingan nanti, sebab tendangan serta pergerakannya kerap kali menjadi mimpi buruk penjaga gawang lawan.

Teranyar David da Silva yang baru masuk di putaran kedua ini sukses mencetak dua gol saat menghancurkan juara Liga 1 musim 2017, Bhayangkara FC dengan skor mencolok 4-0.

Makan Konate (Arema FC)
Walau berposisi sebagai pemain tengah, namun Makan Konate sukses menjadi roh permainan dan titik sentral Arema FC di musim ini, total ia telah mengoleksi 16 gol dan menjadi top skor sementara klub hingga pekan ke-31. 

Andai lini pertahanan Persebaya gagal meredam kecepatannya, bukan tidak mungkin Makan Konate dapat menambah pundi-pundi golnya.

Prediksi susunan pemain
Persebaya (4-3-3):
Miswar Saputra; M. Saifuddin, Otavio Dutra, Novan Setya, Ruben Sanadi; M. Hidayat, Aryn Williams, Rendi Irawan; Irfan Jaya, Diogo Campos, David da Silva.

Arema FC (4-2-3-1):
Kurniawan Kartika Ajie; Alfin Tuasalamony, Hanif Sjahbandi, Nasir, Johan Alfarizi; Hendro Siswanto, Takafumi Akahoshi; Rifaldi Bawuo, Makan Konate, Dendi Santoso; Sylvano Comvalius.

Lima pertandingan terakhir Persebaya Surabaya

  • Persebaya Surabaya 3 - 2 PSM
  • Persipura 0 - 1 Persebaya Surabaya 
  • Persebaya Surabaya 1 - 1 Semen Padang 
  • Madura United 2 - 3 Persebaya Surabaya 
  • Persebaya Surabaya 4 - 0 Bhayangkara

Lima pertandingan terakhir Arema FC

  • Persib 3 - 0 Arema FC
  • Arema 1 - 1 Persija Jakarta
  • Bhayangkara 1 - 0 Arema FC
  • Arema 1 - 1 Kalteng Putra
  • PSIS Semarang 5 - 1 Arema FC

Lima pertandingan terakhir Persebaya Surabaya vs Arema FC

  • Arema 4 - 0 Persebaya Surabaya
  • Arema 2 - 0 Persebaya Surabaya
  • Persebaya Surabaya 2 - 2 Arema
  • Arema 1 - 0 Persebaya Surabaya
  • Persebaya Surabaya 1 - 0 Arema

Prediksi pertandingan: Persebaya Surabaya (50%), Draw (10%), Arema FC (40%)