Bola Internasional

Kalahkan Indonesia di SEA Games 2019, Vietnam Disebut Bisa Bersaing di Piala Dunia

Rabu, 11 Desember 2019 18:18 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger/INDOSPORT
Vietnam dinilai bisa mulai bermimpi ke Piala Dunia usai mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019, Selasa (10/12/19). Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Vietnam dinilai bisa mulai bermimpi ke Piala Dunia usai mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019, Selasa (10/12/19).

INDOSPORT.COM – Vietnam dinilai bisa mulai bermimpi ke Piala Dunia usai mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019, Selasa (10/12/19). Pernyataan ini disampaikan oleh eks pelatih sepak bola putri Vietnam, Steve Darby.

“Kemenangan di SEA Games 2019 sangat berharga bagi Vietnam. Sekarang, saatnya menunggu seluruh pemain dibina untuk bisa bermain di ajang Piala Dunia 2022 dan 2026. Tak lama lagi, mereka akan memasuki usia emas,” ucap Darby dilansir dari Zing.

“Jika para pemain juara tersebut terus diberikan kesempatan tampil di level tertinggi, mimpi untuk lolos ke Piala Dunia akan semakin mendekati kenyataan. Mereka masih bisa membuat progres yang sangat jauh,” lanjut pelatih asal Inggris tersebut.

Darby sangat terpukau dengan apa yang disuguhkan Vietnam U-23 di SEA Games 2019. Menurutnya, Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam sangat meyakinkan. Ia membuat anak asuhnya bermain sangat dispilin dan mengeliminasi pelanggaran yang tidak perlu.

Darby juga menunjuk Doan Van Hau sebagai salah satu aktor kemenangan Vietnam. Gol sundulan bek SC Heerenveen pada babak pertama itu memompa motivasi penggawa The Golden Star untuk bermain cantik pada babak kedua.

Meningkatnya motivasi Vietnam membuat mereka berhasil menambah dua gol. Do Hung Dong mencetak gol kedua Vietnam lewat tendangan jarak jauhnya, sedangkan gol penutup kembali disarangkan Doan Van Hau dari skema set-piece.

“Vietnam U-23 mencapai puncak kejayaannya seperti saat mereka menjuarai Piala AFF 2018. Tim ini sangat baik dan menunjukkan semangat tinggi. Saat ini, saatnya para suporter merayakan kemenangan ini,” ucap Darby.

Steve Darby sendiri bukanlah nama yang asing bagi sepak bola Vietnam. Ia pernah membawa tim sepak bola putri Vietnam menjuarai SEA Games 2001. Selain Vietnam, ia pernah menangani negara ASEAN lain seperti Thailand (2008-09) dan Laos (2015-16).