Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Kalteng Putra vs Persipura: Laskar Isen Mulang Degradasi

Kamis, 12 Desember 2019 20:25 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kalteng Putra harus puas berbagi angka dengan Persipura Jayapura karena bermain imbang 0-0, di pekan ke-32 Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe pada Kamis (12/12/19) malam WIB.

Dengan hasil pertandingan ini, Kalteng Putra gagal melepaskan diri dari jerat rantai degradasi, karena masih tertahan di dasar klasemen menempati urutan ke-18 dengan 31 poin.

Itu artinya, Laskar Isen Mulang dipastikan turun kasta ke Liga 2 musim depan. Sementara Persipura, tertahan di peringkat ke-3 dengan koleksi 49 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak I

Bermain dengan skuat terbaiknya, Kalteng Putra yang berambisi meraih tiga poin langsung menerapkan permainan menyerang. Namun Persipura yang tampil tanpa sejumlah pilar utamanya, ternyata mashi terlalu tangguh untuk tuan rumah.

Hal tersebut bisa dilihat dari gagalnya upaya Kalteng Putra untuk menembus pertahanan Persipura, dan sejumlah peluang emas yang kerap gagal dimanfaatkan.

Tensi pertandingan sempat memanas saat memasuki menit ke-26 kerena terjadi insiden kontak fisik, antara kiper Persipura, Dede Sulaiman, dengan winger Kalteng Putra, Pandi Lestaluhu.

Beruntung wasit langsung bertindak cepat, untuk meredam keributan dan menghukum Dede Sulaiman dengan kartu kuning. Pertandinganpun kembali dilanjutkan.

Persipura sendiri bukan tanpa peluang, mereka sempat menebar ancaman ke gawang Kalteng Putra melalui tendangan bebas Oh In-kyun menit ke-36. Namun bola masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Kalteng Putra, Reky Rahayu. 

Patrich Wanggai nyaris membawa tuan rumah unggul lebih dahulu di menit ke-42, andai bola hasil sepakannya tak diantisipasi dengan baik oleh Dede. Hingga turun minum, skor 0-0 tak berubah.

Babak II

Selepas jeda, kedua tim sama-sama langsung menampilkan permainan menyerang untuk memecah kebuntuan. Akan tetapi sama seperti babak pertama, permainan tetap tampil monoton karena lebih banyak berkutat di sektor tengah.

Kendati begitu, bukan berarti tak ada peluang yang tercipta. Kedua tim sama-sama mempunyai empat kesempatan emas untuk menjebol gawang masing-masing.

Namun penyelesaian akhir yang buruk dari Kalteng Putra, dimana empat peluang yang ada tak satupun mengarah ke gawang Dede Sulaiman. 

Hal serupanya juga dialami Persipura. Dari empat peluang, mereka hanya bisa memaksimalkan dua untuk mengancam gawang Kalteng Putra.

Akan tetapi masih dewi fortuna masih belum mau menghampiri Mutiara Hitam. Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 0-0 pun menutup pertandingan antara Kalteng Putra vs Persipura di pekan ke-32 Liga 1 2019.