Liga Champions

Kejutan Atalanta dan Prediksi Langkah Berikutnya di Liga Champions

Kamis, 12 Desember 2019 10:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Alex Caparros/Getty Images
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi karena lolos ke Liga Champions musim 2019-20. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Para pemain Atalanta melakukan selebrasi karena lolos ke Liga Champions musim 2019-20.

INDOSPORT.COM - Atalanta menjadi tim kejutan yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Bagaimana langkah Atalanta selanjutnya di Liga Champions? 

Kompetisi sepak bola bergengsi antar klub papan atas Eropa, Liga Champions, telah menyelesaikan pertandingan di babak fase grup, Kamis (12/12/19) dini hari WIB. 

Sebelumnya, 14 tim sudah memastikan diri melangkah ke babak 16 besar, dan dini hari tadi 5 klub memperebutkan dua tiket terakhir ke fase gugur. 

Salah satu dari dua tiket ke babak 16 besar tersebut akhirnya diraih oleh wakil Serie A Italia, Atalanta. Atalanta secara mengejutkan lolos sebagai runner up Grup C mendampingi Manchester City. 

Setelah lolos ke babak 16 besar, bagaimana langkah Atalanta selanjutnya di Liga Champions?

Catatan Unik 

Lolosnya Atalanta ke babak 16 besar dibarengi dengan catatan yang cukup unik, Atalanta berhasil lolos meskipun sudah menelan 3 kekalahan beruntun di 3 laga awal fase grup. 

Atalanta kalah 0-4 dari Dinamo Zagreb, kalah 1-2 dari Shakhtar Donetsk, lalu kalah 1-5 dari Manchester City. Pada pertandingan ke-4 Atalanta juga hanya bermain imbang 1-1 melawan Manchester City. 

Namun siapa sangka ternyata Atalanta justru berhasil lolos ke babak 16 besar. 

Atalanta posisinya sesaat sebelum matchday 6 adalah juru kunci Grup C dengan raihan 4 poin saja dari 5 pertandingan. Tetapi, Atalanta masih bisa untuk lolos ke babak 16 besar dengan beberapa syarat. 

Syarat pertama adalah Atalanta harus menang melawan Shakhtar Donetsk di matchday 6, dengan begitu Atalanta akan meraih poin 7. 

Syarat kedua, di saat yang sama Dinamo Zagreb tidak menang melawan Manchester City. Jika dua syarat ini terpenuhi maka Atalanta akan mendampingi Manchester City ke babak 16 besar.

Kini hasilnya sudah terlihat, Atalanta lolos ke babak 16 besar dan menjadi wakil kedua dari Serie A Italia setelah Juventus.  

Langkah Selanjutnya di Liga Champions 

Sebagai tim kuda hitam yang lolos dengan cara tidak biasa, langkah Atalanta di fase gugur akan menjadi sorotan dari pencinta sepak bola. 

Sayangnya, sebagai runner up grup, Atalanta harus menghadapi tim-tim raksasa yang merupakan juara grup di babak 16 besar. Lawan Atalanta sebenarnya cukup dapat diprediksi di babak 16 besar. 

Atalanta sudah pasti tidak akan melawan Manchester City karena dua tim dari grup yang sama tidak akan bisa bertemu di babak 16 besar. 

Atalanta juga tidak akan bisa bertemu Juventus, karena dua tim yang berasal dari negara yang sama tidak bisa bertemu di babak 16 besar. 

Melihat fakta dari regulasi tersebut, berikut beberapa kemungkinan lawan Atalanta di babak 16 besar. 

Lawan yang Sulit 

Berhadapan dengan juara dari grup lain, maka Atalanta harus siap bertemu dengan tim-tim paling kuat di Liga Champions musim 2019-20. 

Yang bisa dibilang tim terkuat di fase grup Liga Champions 2019-20 adalah Bayern Munchen. Bayern Munchen lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup B. 

Bayern Munchen berhasil menyapu bersih 6 kemenangan dari 6 pertandingan dan meraih poin sempurna 18. Bayern Munchen menjadi satu-satunya tim yang berhasil meraih 6 kemenangan di fase grup musim ini. 

Jika bertemu Bayern Munchen, langkah Atalanta kemungkinan akan sulit di babak 16 besar. 

Selain Bayern Munchen, lawan yang sulit bagi Atalanta adalah Barcelona. Barcelona sendiri adalah juara Grup F dan berhasil lolos tanpa terkalahkan di dalam grup yang cukup sulit. 

Barcelona berhasil lolos sebagai juara grup dengan menyingkirkan wakil Serie A Italia lainnya, Inter Milan pada laga matchday 6. 

Lawan yang Mudah 

Dari 8 tim juara grup di Liga Champions musim ini, setidaknya ada 2 tim yang levelnya tidak terlalu jauh di atas Atalanta. 

Dua tim tersebut adalah RB Leipzig dan Valencia, RB Leipzig sendiri lolos ke babak 16 besar dengan menjadi juara Grup G, grup yang sejatinya diisi klub dengan kualitas yang setara. 

Jika bertemu RB Leipzig, maka peluang Atalanta untuk lolos ke perempatfinal semakin terbuka, dibanding jika bertemu tim Bundesliga lainnya, Bayern Munchen. 

Sementara itu, Valencia juga berhasil lolos menjadi juara grup di laga terakhir fase grup. Status juara grup Valencia juga didapat karena unggul head-to-head points atas Chelsea. 

Valencia bisa menjadi lawan yang kekuatannya relatif sama dengan Atalanta di babak 16 besar Liga Champions