Liga Indonesia

Pekan Krusial, LIB Sebut Ada 'Gerakan Bawah Tanah' Oleh Satgas Anti Mafia Bola

Kamis, 12 Desember 2019 18:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Satgas Anti Mafia Bola akan terus pantau pertandingan sisa di Liga 1 2019. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Satgas Anti Mafia Bola akan terus pantau pertandingan sisa di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola papan atas Tanah Air, Liga 1 2019 telah memasuki pekan akhir atau tepatnya pekan ke-32 dan menyisahkan dua laga. Gelar juara pun telah dikunci Bali United sejak pekan ke-30 usai mengalahkan Semen Padang.

Meski demikian, dua pekan terakhir Liga 1 2019 dinilai justru lebih menarik, karena bisa jadi hari penghakiman untuk sejumlah klub yang berkutat di papan bawan dan zona degradasi. Jika dilihat dari perolehan poin di tabel klasemen sementara, setidaknya ada delapan tim yang masih berjuang merebut poin guna mengamankan diri dari degradasi.

Barito Putera, Persela Lamongan, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Tira Persikabo belum benar-benar aman dan harus bersaing ketat bersama Badak Lampung, Semen Padang dan Kalteng Putra yang menghuni zona degradasi (tiga tim yang masih punya lolos andai memenangkan semua laga sisa dan tim diatasnya mengalami kekalahan beruntun di sisa laga).

Kondisi ini pun membuat banyak pihak khawatir dan menilai rawan ada permainan atau pengaturan skor. Banyak netizen meminta agar federasi dan pengelola kompetisi benar-benar memperhatikan pekan krusial tersebut.

Menanggapi hal itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjamin laga akan berlangsung sportif. Direktur LIB, Dirk Soplanit mengatakan telah bekerja sama dengan PSSI, bahkan dengan Satgas Anti Mafia Sepak Bola agar tidak terjadi kecurangan.

"Satgas sudah dibentuk, mereka juga kadang muncul di lapangan tapi rahasia. Dengan gonjang ganjing ini, pasti mereka juga akan menyelidiki. Saya yakin ketum PSSI juga memperhatikan, tanpa diminta juga pasti bekerja untuk itu," kata Dirk.

PT LIB menegaskan, mereka menjalankan roda kompetisi, baik Liga 1 2019, Liga 2 2019 dan Elite Pro Academy Liga 1 U-20 2019 dengan mengedepankan, serta menekankan aspek fair play dan fairness.

"Kami selalu melakukan pengawasan penuh terhadap pertandingan Shopee Liga 1 2019, termasuk pekan-pekan krusial pada akhir kompetisi. Bersama PSSI, kami akan menjaga semuanya sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan," ujar Dirk Soplanit.

"Jadi, jika memang ada kecurangan, silakan dilaporkan dan semuanya akan ditindak sesuai dengan hukum yang ada," pungkasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%