Liga Indonesia

Rapor Kebobolan Jeblok di Liga 1, Kiper Senior Arema FC Semangati 2 'Adiknya'

Minggu, 15 Desember 2019 11:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kurniawan Kartika Aji dan 2 kiper Arema lainnya sedang berlatih di Stadion Kanjuruhan, Malang. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kurniawan Kartika Aji dan 2 kiper Arema lainnya sedang berlatih di Stadion Kanjuruhan, Malang.

INDOSPORT.COM - Kiper Arema FC, Sandi Firmansyah, turut mengangkat mental dua juniornya, Kurniawan Kartika Ajie dan Utam Rusdiana perihal problem mental yang merecoki mereka menyusul rekor negatif berupa tingkat kebobolan tinggi di Liga 1 2019.

Bagi Sandi, masalah seperti ini sudah sering dialami dalam perjalanan kariernya di jagat sepak bola. Kiper gaek berusia 36 tahun itu sudah kenyang pengalaman selama satu dekade di bawah mistar gawang.

"Sebisa mungkin, jangan sampai seorang kiper membawa beban dalam setiap kali latihan maupun turun saat pertandingan," beber Sandi Firmansyah dalam satu perbincangan dengan redaksi berita olahraga INDOSPORT di Kota Malang.

Dia sendiri pun tak menyangka gawang Arema FC termasuk paling rapuh di antara tim peserta Shopee Liga 1 2019. Makanya, Sandi menegaskan bahwa seorang kiper pantang terbebani dengan rekor negatif tersebut.

Pasukan Milomir Seslija mencatat rekor kebobolan hingga 57 gol sejauh ini, atau dengan rataan 1,78 gol per laga. Catatan itu hanya sedikit lebih baik dengan rekor kebobolan 59 gol milik Perseru Badak Lampung FC (1,97 gol per laga). 

"Pasti sedih lah melihat statistik seperti itu. Yang penting adalah jangan terus diratapi karena sudah terjadi dan berlalu," ucap kiper yang membela Sriwijaya FC musim lalu tersebut.

"Sekarang bagaimana gawang tim tidak kebobolan lagi ke depannya. Ya itu tadi kuncinya, tidak membawa beban mental di lapangan," pungkas Sandi Firmansyah.

Sandi baru mencatat dua caps sebagai starter di bawah mistar gawang Arema FC. Jumlah itu masih jauh dibandingkan Kurniawan Kartika Ajie dengan 19 caps maupun 11 caps milik Utam Rusdiana selama 32 pekan kompetisi Shopee Liga 1 2019.