In-depth

Laga Persipura vs Barito Putera, Reuni 2 Legenda Persebaya

Minggu, 15 Desember 2019 17:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© emosijiwaku.com
Laga Persipura Jayapura vs Barito Putera di Gelora Delta Sudoarjo, Senin (16/12/19), jadi reuni 2 legenda Persebaya Surabaya, Jacksen F. Tiago dan Djajang Nurdjaman. Copyright: © emosijiwaku.com
Laga Persipura Jayapura vs Barito Putera di Gelora Delta Sudoarjo, Senin (16/12/19), jadi reuni 2 legenda Persebaya Surabaya, Jacksen F. Tiago dan Djajang Nurdjaman.

INDOSPORT.COM – Laga pekan ke-33 kompetisi Shopee Liga 1 2019 mempertemukan dua tim bersejarah, Persipura Jayapura vs Barito Putera di Gelora Delta Sidoarjo, Senin (16/12/19). Laga ini akan menjadi ajang reuni dua legenda dari klub Persebaya Surabaya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Persipura Jayapura dibesut oleh pelatih asal Brasil, Jacksen F. Tiago. Berkat tangan dinginnya, tim asal Papua itu kini berpeluang untuk finish di posisi runner up Liga 1 2019.

Padahal, Jacksen F. Tiago sendiri adalah eks pelatih Barito Putera di putaran pertama lalu, dan kiprahnya di klub Laskar Antasari sudah terjalin sejak awal musim Liga 1 2017.

Sementara Djajang Nurdjaman datang ke klub Barito menggantikan posisi yang ditinggalkan Jacksen. Berkat Djanur, Barito perlahan bangkit dan kini mencoba menutup kompetisi dengan finish di papan tengah klasemen.

Kedatangan Djanur adalah buah dari keputusan Persebaya Surabaya yang menyudahi kerja sama mereka. Sosok asal Majalengka itu sendiri adalah pelatih tim Bajul Ijo sejak pertengahan Liga 1 2018 lalu.

Djanur berhasil mengangkat performa Irfan Jaya dkk. hingga selamat dari jerat degradasi musim lalu. Namun, serangkaian hasil minor di awal musim 2019 membuatnya harus terdepak dari klub yang identik dengan jersey hijau itu.

Membahas soal Persebaya Surabaya, tak lengkap kiranya jika belum membahas soal peran penting Jacksen F. Tiago dalam tim. Ia bukan hanya sebagai pemain legendaris, namun juga sempat menjajal peruntungan sebagai pelatih.

Sebagai pemain, Jacksen F. Tiago memperkuat Persebaya pada tahun 1996-1998. Selain sukses meraih titel juara Liga Premier Indonesia 1996/97, ia juga menyabet gelar top skorer di musim yang sama.

Jacksen akhirnya memutuskan untuk hijrah ke luar negeri selama beberapa saat, sebelum akhirnya kembali ke klub asal Surabaya itu pada tahun 1999 hingga 2000.

Seolah jatuh cinta dengan klub berlogo Hiu dan Buaya itu, Jacksen F. Tiago akhirnya kembali sebagai pelatih dan mengabdi untuk tim sejak tahun 2003 hingga 2005.

Ia turut mempersembahkan dua gelar bagi Persebaya di tahun 2003 dan 2004. Hingga kini, Jacksen tetap dianggap sebagai sosok legendaris di Persebaya.

Kental dengan nuansa reuni tim Bajul Ijo, siapakah yang bisa membuktikan kualitasnya sebagai pelatih terbaik di Liga 1, Jacksen atau Djanur?

Pertanyaan ini akan terjawab dalam laga Persipura Jayapura vs Barito Putera, Senin (16/12/19) malam dari Gelora Delta Sidoarjo.