Liga Indonesia

Paulo Sergio Beberkan Kunci Sukses Bali United Juarai Shopee Liga 1 2019

Senin, 16 Desember 2019 18:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Paulo Sergio menyatakan bahwa kesuksesan Bali United merengkuh gelar juara Shopee Liga 1 2019 ialah buah dari suasana kebersamaan anggota tim. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Paulo Sergio menyatakan bahwa kesuksesan Bali United merengkuh gelar juara Shopee Liga 1 2019 ialah buah dari suasana kebersamaan anggota tim.

INDOSPORT.COM – Paulo Sergio angkat bicara mengenai kesuksesan timnya, Bali United, menjuarai Shopee Liga 1 2019. Menurutnya, kebersamaan anggota tim membuat permainan mereka di atas lapangan menjadi semakin solid.

“Pada akhirnya, kami semua adalah keluarga. Meski meraih hasil yang tidak memuaskan, kami berada dalam satu kapal yang sama dan tujuan yang sama. Kami selalu mendukung satu sama lain,” ucap Paulo dilansir dari Desporto.

“Suasana kebersamaan itu kemudian menular ke dalam sesi latihan hingga pertandingan. Alhasil, semuanya melakukan dengan suka cita yang sama. Menurut saya, inilah kunci kesuksesan Bali United musim ini,” lanjutnya.

Hal tersebut terbukti membawa dampak yang sangat besar. Tim asuhan Stefano Cugurra teco sempat tak terkalahkan dalam 12 laga Shopee Liga 1 dari pekan sembilan hingga 20. Capaian tersebut juga termasuk delapan kemenangan beruntun.

Ketika musim masih menyisakan empat pekan, mereka sudah memastikan gelar juara. Torehan ini terbilang menguntungkan. Pasalnya, Bali United bisa menyimpan pemain andalannya untuk Kualifikasi Liga Champions Asia, 14 Januari 2020 mendatang.

Selain kebersamaan tim, faktor lingkungan juga sangat mempermudah Paulo Sergio selaku pemain asing. Pasalnya, di Bali, banyak orang yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Ia mengaku sangat dimudahkan ketika ingin menyampaikan sesuatu.

“Di Bali, hampir semua orang bisa berbahasa Inggris, tak seperti di Bhayangkara FC yang hanya sedikit. Namun, semuanya akan bermuara ke dalam bahasa sepak bola, yang bisa dimengerti oleh semua pemain,” ujar Paulo.

Gelar juara Shopee Liga 1 2019 bersama Bali United menjadi trofi liga kedua yang direngkuh Paulo Sergio di kompetisi sepak bola Indonesia. Pada dua musim sebelumnya, ia meraih gelar yang sama bersama Bhayangkara FC.