Liga Indonesia

Persija vs Persebaya, Laga Klasik Jelang Berakhirnya Liga 1 2019

Selasa, 17 Desember 2019 05:38 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Ynt/Indosport.com
Pertandingan antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. Copyright: © Grafis: Ynt/Indosport.com
Pertandingan antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Persija menjamu Persebaya di pekan ke-33 Liga 1 2019. Rivalitas Persija Jakarta vs Persebaya sudah dimulai sejak era Perserikatan. 

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia sedang menggelar pertandingan pekan ke-33. Salah satu pertandingan yang berlangsung di pekan ke-33 adalah Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. 

Pertandingan antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya akan berlangsung pada Selasa (17//12/19) pukul 18.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Pertandingan ini bukan sekedar memperebutkan 3 poin saja, melainkan laga ini merupakan laga bergengsi antara dua klub yang punya rivalitas kuat sejak dahulu. 

Laga ini merupakan laga kandang terakhir Persija Jakarta di Liga 1 2019, sudah pasti Macan Kemayoran akan berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik bagi The Jakmania. 

Sedangkan bagi Persebaya, 3 poin bisa mendekatkan mereka menjadi runner up Liga 1 2019. 

Rival di Perserikatan 

Rivalitas antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya sejatinya sudah dimulai sejak era kompetisi Perserikatan pada tahun 1930-an. 

Saat itu, Persija Jakarta masih bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), sedangkan Persebaya Surabaya masih bernama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Bergantian Juara dan Runner Up 

Pada kompetisi Perserikatan tahun 1938, Persija berhasil menjadi juara, sedangkan Persebaya finis sebagai runner up. 

Kemudian pada kompetisi Perserikatan tahun 1952, giliran Persebaya yang menjadi juara, dan Persija menjadi runner up. 

Musim 1971-73 Persija kembali menjadi juara dan Persebaya sebagai runner up. Dua musim berselang, tepatnya pada 1975-76 kondisi kembali terbalik, Persebaya menjadi juara dan Persija sebagai runner up. 

Rivalitas sengit tersebut masih berlangsung hingga musim 1987-88 saat Persebaya menjadi juara dengan Persija sebagai runner up. 

Kini laga Persija vs Persebaya akan tersaji pada laga pekan ke-33 Liga 1 2019. Persebaya masih berpeluang menjadi runner up, sedangkan Persija Jakarta adalah juara musim lalu.