Bola Internasional

Termasuk Eks MU, 3 Pemain Indonesia yang Bisa Diajak Erick Thohir Gabung Oxford United

Kamis, 19 Desember 2019 19:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Erick Thohir jadi petinggi Oxford United Copyright: © INDOSPORT
Erick Thohir jadi petinggi Oxford United

INDOSPORT. COM - Beberapa pemain timnas Indonesia sepertinya bisa diajak Erick Thohir untuk bergabung klub Liga Inggris miliknya, Oxford United.

Erick Thohir, yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN Republik Indonesia, memang terkenal akrab dengan dunia sepak bola. Buktinya saja, dia tercatat pernah menjadi pemilik klub top Serie A Italia, Inter Milan, periode 2013-2018.

Setelah Inter Milan, Erick Thohir diketahui mengalihkan bisnis sepak bolanya ke Liga Inggris. Ia membeli sejumlah saham dari klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United.

Peran Erick Thohir di Oxford United memang bukan sebagai pemilik saham mayoritas. Tapi posisinya selaku petinggi klub, tetap bisa berpengaruh terdahap kebijakan Oxford United.

Bahkan, Erick Thohir mungkin saja mengajak beberapa pemain Indonesia untuk gabung Oxford United. Jika benar sampai terjadi, ini jelas akan berdampak baik bagi perkembangan sepak bola Tanah Air.

Pertanyaannya, siapa saja kira-kira pemain Timnas Indonesia yang bisa diajak untuk bergabung ke Oxford United? INDOSPORT coba buat perkiraannya ke dalam rangkuman berikut.

Jack Brown

© instagram.com/jack9brown
Gelandang Muda Indonesia, Jack Brown bersama tim Lincoln FC Copyright: instagram.com/jack9brownGelandang Muda Indonesia, Jack Brown bersama tim Lincoln FC

Pentas Liga Inggris memang memiliki aturan ketat soal transfer pemain. Klub-klub Liga Inggris hanya boleh memboyong pemain dari negara yang berperingkat 1-70 ranking FIFA.

Peraturan tersebut jelas menyulitkan pemain Indonesia untuk bermain di pentas Liga Inggris. Maklum saja, posisi Indonesia di ranking FIFA sekarang menempati urutan 173.

Meski demikian, tetap ada peluang agar pemain Indonesia gabung klub Liga Inggris. Caranya adalah dengan bermain di akademi klub Liga Inggris minimal selama tiga, tahun dan mendapatkan status homegrown.

Masalah mendapatkan status homegrown ternyata sudah dimiliki oleh salah satu pemain Indonesia bernama Jack Brown. Pemain berusia 18 tahun tersebut telah bermain di akademi klub Liga Inggris sejak 2013.

Semasa masih kanak-kanak, Jack Brown bahkan sempat menimba ilmu bersama klub top Liga Inggris, Manchester United. Jack Brown sendiri kini sedang membela tim akademi Liga Inggris, Lincoln City U-18.

Nama Jack Brown pun kemudian layak apabila diajak Erick Thohir. Merapat ke Oxford United dan bermain reguler di tim senior, diyakini bisa berdampak baik bagi perkembangan karier dan kemampuan Jack Brown.

Egy Maulana Vikri

© lechia.pl
Egy Maulana Vikri ketika memegang gelar juara Piala Super Polandia 2019. Foto: lechia.pl Copyright: lechia.plEgy Maulana Vikri ketika memegang gelar juara Piala Super Polandia 2019. Foto: lechia.pl

Egy Maulana Vikri jadi pemain Indonesia berikutnya yang bisa diajak Erick Thohir untuk gabung Oxford United. Jelas saja, Egy merupakan pemain Indonesia yang kini sudah menembus pentas sepak bola Eropa.

Nama Egy tercatat bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Polandia, Lechia Gdansk. Pemain yang mengandalkan kaki kiri tersebut berkarier di Lechia sejak awal musim 2018/19 lalu.

Egy pun sepertinya sudah memenuhi ketentuan untuk bisa bermain di Liga Inggris dan gabung Oxford United. Berdasarkan data rilisan Fox Sports Asia, pemain yang berasal dari negara di luar peringkat 1-70 ranking FIFA bisa tetap bergabung asalkan sudah mencatatkan prestasi bersama tim negara Eropa lain.

Kiprah Egy sendiri bersama Lechia di Polandia telah menghasilkan satu gelar. Musim lalu, dia sukses mengantarkan Lechia meraih gelar Piala Polandia.

Namun, harus diakui kalau Egy belum tentu mau gabung Oxford United. Maklum saja, Oxford United hanya bermain di kasta bawah, sementara Lechia, klub Egy saat ini sudah menghiasi kasta tertinggi.

Bagus Kahfi

© topskor/PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Bagus Kahfi. Copyright: topskor/PSSIPemain Timnas Indonesia, Bagus Kahfi.

Nama Bagus Kahfi jadi pemain Indonesia berikutnya yang bisa diajak Erick Thohir untuk gabung Oxford United. Hal ini tak lepas dari bakat Bagus yang nampak menjanjikan untuk pentas Liga Inggris.

Beberapa waktu lalu, Bagus pernah mencuri perhatian klub top Liga Inggris, Arsenal. Bagus bahkan sempat ingin diboyong Arsenal, namun batal karena masalah ranking FIFA Indonesia yang di luar peringkat 70 besar.

Erick Thohir pun sepertinya bisa mewujudkan peluang Bagus untuk mentas di Liga Inggris. Bagus mungkin cocok untuk diajak gabung Oxford United, bermain pada level akademinya terlebih dahulu selama tiga musim, baru kemudian mendapatkan status homegrown dan merumput bersama tim senior.