Liga Indonesia

Rekam Jejak Tak Lebih Bagus dari Joan Tomas, Tomas Simkovic Layak Dilirik Persija Jakarta?

Kamis, 19 Desember 2019 15:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tomas Simkovic menjadi pemain yang dirumorkan menjadi target buruan Persija Jakarta, apakah rekam jejaknya lebih menjanjikan dari Joan Tomas?

Belum juga usai Liga 1 2019 bergulir, sejumlah rumor sudah berhembus dari klub asal Ibukota, Persija Jakarta. Tampil buruk sepanjang musim ini, Persija Jakarta dirumorkan akan melakukan perombakan, khususnya dalam sektor pemain asing. Sejumlah nama pemain asing pun dirumorkan menjadi buruan Persija Jakarta untuk musim depan.

Salah satu gelandang asal Austria Tomas Simkovic yang digadang-gadang akan menjadi pengganti Joan Tomas yang dinilai gagal memenuhi ekspektasi.

Rekam Jejak Tomas Simkovic dan Joan Tomas

Dengan label pemain jeoblan LaLiga Spanyol, ekspektasi tinggi digantungkan Persija Jakarta dan juga Jakmania kepada sosok Joan Tomas.

Mentas di klub junior RCD Espanyol, karier Joan Tomas sempat mencapai puncaknya ketika dirinya bisa membawa dua klub yang sempat dibelanya, Villarreal dan Celta Vigo promosi ke kasta sepak bola tertinggi Negeri Matador, LaLiga Spanyol pada musim 2008/09 dan 2012/13.

Setelahnya, hijrah ke Cyprus pada musim 2013/14, karier Joan Tomas juga masih terjaga di kasta tertinggi bersama klub AEK Larnaca. Bahkan Larnaca pun sempat dibawannya bermain di kompetisi Eropa, Europa League pada musim 2018/19, setelah dalam dua musim sebelum-sebelumnya selalu terhenti di fase kualifikasi.

Bicara mengenai rekam jejak memperkuat klub, Joan Tomas memang sangat menjanjikan buat klub Liga Indonesia seperti Persija Jakarta. Bahkan rekam jejak tersebut lebih menjanjikan dibandingkan incaran Persija Jakarta saat ini, Tomas Simkovic.

Tak seperti Joan Tomas yang memiliki pengalaman di kompetisi elite Eropa, Simkovic hanya pemain yang malang melintang di kasata  tertinggi Liga Austria. Sekalinya keluar dari kompetisi kasta tertinggi di negaranya itu, Simkovic hanya hijrah ke kompetisi negara-negara kecil Eropa seperti Liga Kazakhstan, Lithuania dan terakhir di Liga Latvia, memperkuat klub-klub yang namanya masih asing buat penikmat sepak bola Liga 1 Indonesia.

Dua kali merasakan babak kualifikasi Liga Europa, Simkovic pun selalu gagal membawa klubnya untuk tampil menembus babak utama. Satu yang mungkin menjadi keunggulan Simkovic, dirinya pernah tampil empat kali di kompetisi Liga Champions Eropa, kala memperkuat Austria Vienna di  musim 2013/14.

Pada akhirnya, jika dilihat dari rekam jejak nama klub yang pernah dibelanya, Simkovic memang jelas kalah jauh dibanding Joan Tomas. Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan rekam jejak yang tidak lebih baik itu, Simkovic bisa mencatatkan karier yang lebih baik di Persija Jakarta?

Jawabannya tentu tak bisa didapat saat ini, sebab akan ada banyak faktor yang bisa menentukan kesuksesan Simkovic nantinya andai jadi memperkuat Persija Jakarta. 

Satu yang pasti, meski bermain di kompetisi negara kecil di Eropa, Simkovic pada musim ini masih menjadi andalan klub yang dibelannya,FK PFS dengan catatan 8 gol dan 9 assist dari 29 pertandingan di Liga Latvia. Hal itu juga yang mungkin bisa jadi pertimbangan Persija Jakarta untuk merekrutnya ke Liga 1 musim depan.