Liga Indonesia

Kehabisan Stok Gelandang Bertahan, Siapa yang Bakal Diboyong Persib untuk Gantikan Hariono?

Kamis, 19 Desember 2019 21:22 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung musim depan dipastikan akan kehabisan stok gelandang bertahan, setelah tak memperpanjang kontrak pemainnya, Hariono. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung musim depan dipastikan akan kehabisan stok gelandang bertahan, setelah tak memperpanjang kontrak pemainnya, Hariono.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung musim depan dipastikan akan kehabisan stok gelandang bertahan, setelah tak memperpanjang kontrak pemainnya, Hariono.

Isu panas soal bursa transfer kembali menyeret klub Liga 1, Persib Bandung. Pada hari Kamis (19/12/19), muncul kabar kalau manajemen Maung Bandung bakal mendepak pemain seniornya, Hariono.

Kabar soal didepaknya Hariono muncul langsung dari mulut pelatih Persib, Robert Rene Alberts. Sang juru taktik asal Belanda menyebut nama Hariono ke dalam daftar pemain Persib yang tak diperpanjang kontraknya.

"Sejauh ini baru dua pemain yang dikonfirmasi akan pergi dari tim, Hariono dan Kevin (van Kippersluis)," ujar Robert Alberts.

Kepergian Hariono ternyata meninggalkan luka tersendiri bagi Persib. Jelas, Maung Bandung bakal kehilangan legenda tim, sebab Hariono sudah membela Persib sejak 2008 silam.

Lebih dari itu, ditinggal Hariono juga berdampak pada kedalaman skuat Persib. Tak ada Hariono, membuat Persib sudah kehabisan stok gelandang bertahan.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Hariono adalah satu-satunya pemain dengan posisi natural gelandang bertahan yang saat ini dipunyai Persib. Sementara empat gelandang lainnya, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, dan Kim Kurniawan, sebenarnya bisa menempati gelandang bertahan, tapi posisi naturalnya hanyalah gelandang tengah saja.

Demi menambal kepergian Hariono, mungkin Persib Bandung perlu mendatangkan gelandang bertahan baru. Lalu, siapa kira-kira gelandang bertahan anyar yang akan direkrut Persib?

Pemain Lokal jadi Opsi

Memboyong pemain asing, rasanya tak akan dipilih Persib dalam menambal lubang yang ditinggalkan Hariono. Maklum saja, Maung Bandung sudah memiliki pemain asing di lini tengah, yakni Omid Nazari.

Maka dari itu, arah gelandang bertahan anyar Persib mungkin lebih ke pemain lokal. Tak sembarangan, kemungkinan besar Persib bakal mendatangkan gelandang bertahan lokal hebat yang usianya masih muda.

Nama paling menjanjikan yang mungkin diincar Persib adalah Zulfiandi. Seperti yang kita ketahui bersama, Zulfiandi belakangan kiprahnya kerap diandalkan sebagai gelandang bertahan utama Timnas Indonesia.

Zulfiandi pada musim ini bermain untuk Madura United. Zulfiandi tercatat bermain 24 kali dengan catatan satu gol dan satu assists.

© www.affsuzukicup.com
Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand Copyright: www.affsuzukicup.comZulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Peluang diincarnya Zulfiandi, makin nampak terbuka bila melihat pertemuan Madura United vs Persib pada 23 Juni 2019 lalu. Kala itu laga berakhir imbang 1-1, dan sosok pemain Madura United yang menjebol gawang Persib adalah Zulfiandi.

Namun Persib sepertinya harus mengeluarkan dana yang tak sedikit jika memang benar menginginkan jasa Zulfiandi. Transfermarkt mencatat Zulfiandi masih terikat kontrak dengan Persib sampai 2020 mendatang.

Kalau mau diboyong, Persib setidaknya harus menebus Zulfiandi sesuai dengan harga pasarannya. Masih dari data Transfermarkt, harga Zulfiandi saat ini berkisar di angka 175 ribu euro atau sekitar Rp2,7 miliar.

Patut ditunggu, siapa yang sebenarnya akan diboyong Persib untuk gantikan Hariono? Apakah Zulfiandi atau pemain lokal lainnya?