Liga Indonesia

Perbandingan Harga Skuat Persib Bandung vs PSM Makassar di Liga 1

Minggu, 22 Desember 2019 10:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Arif Rahman/INDOSPORT
Jelang laga sengit di pekan terakhir Liga 1, antara Persib Bandung vs PSM Makassar pukul 15.30 WIB sore nanti, mari membahas perbandingan harga kedua skuat. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Jelang laga sengit di pekan terakhir Liga 1, antara Persib Bandung vs PSM Makassar pukul 15.30 WIB sore nanti, mari membahas perbandingan harga kedua skuat.

INDOSPORT.COM - Jelang laga sengit di pekan terakhir Liga 1 2019, antara Persib Bandung vs PSM Makassar pada Minggu (22/12/19) pukul 15.30 WIB sore nanti, mari membahas perbandingan harga kedua skuat.

Pertandingan Persib Bandung vs PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat nanti sore tentu bakal seru, meski hasilnya memang tak krusial untuk kedua tim. Tapi laga antara dua klub Perserikatan selalu menarik untuk disaksikan.

Persib Bandung sedang berada dalam performa terbaik mereka setelah mereka berhasil membungkus dua kemenangan beruntung masing-masing lawan Badak Lampung dan Borneo FC.

Sementara tim tamu akan mencoba untuk memutus rantai kutukan yang mereka miliki di tandang. Semangat membara tersebut diprediksi akan membuat penampilan Klok dkk akan ngotot dan trengginas pada laga nanti sore.

Hasil pertandingan Persib vs PSM memang tak mempengaruhi apa-apa. Di mana Persib Bandung kini berada di urutan ke-7 klasemen sementara dengan mengantongi 48 poin, maksimal posisi kelima mereka raih tergantung hasil dari Bali United vs Madura United.

Sementara PSM Makassar juga sudah dipastikan selamat dari jeratan degradasi karena kini di posisi ke-12 klasemen sementara Liga 1 dengan mengemas 44 poin.

Jelang pertandingan antara dua klub besar era perserikatan seperti Persib Bandung vs PSM Makassar, sangat menarik jika menyimak beberapa fakta perbandingan, termasuk harga masing-masing skuat, berdasarkan market value.

Melansir dari laman transfermarkt.com, Persib Bandung vs PSM ternyata tak terpaut jauh untuk selisih harga skuat. Tapi Persib Bandung lebih unggul dengan total market value sebesar 4,08 juta euro (Rp 63,11 miliar).

Harga skuat Persib Bandung itu unggul sedikit dari PSM Makassar, yang punya nilai 4,03 juta euro atau sekitar Rp62,34 miliar. Selisih hanya sekitar 50 ribu euro atau sekitar Rp773,5 juta.

Seperti kebanyakan klub-klub di Liga 1, pemain termahal dari skuat Persib Bandung juga dimiliki legiun asing. Yaitu Ezechiel N'Douassel yang punya market value sebesar 550 ribu euro atau sekitar Rp8,5 miliar.

Ezechiel sendiri musim ini memang kembali dipercaya mengisi slot untuk posisi striker asing Maung Bandung. Dari total 25 penampilannya, dia berhasil membukukan 11 gol dan 6 assists untuk Persib.

Sementara untuk pemain lokal Persib yang punya harga termahal adalah Muhammad Natshir. Kiper berusia 26 tahun itu punya market value sebesar 200 ribu euro, namun dia tak akan bermain nanti sore karena mengalami cedera panjang.

Pemain lokal Persib lainnya yang juga punya harga sama dengan M. Natshir adalah Frets Butuan yang berpeluang main nanti sore. Frets punya label harga sebesar 200 ribu euro.

Bergeser ke PSM Makassar dengan total harga skuat Rp62,34 miliar, di mana Wiljan Pluim dan Marc Klok sama-sama menjadi pemain termahal dengan market value sebesar 400 ribu euro.

Untuk posisi 5 besar pemain termahal PSM Makassar, hanya Abdul Rahman satu-satunya pemain lokal. Abdul Rahman juga merupakan sosok kapten di Pasukan Ramang dan punya market value sebesar 200 ribu euro.

Sementara untuk pemain termurah dari Persib Bandung vs PSM Makassar, ada di angka 25 ribu euro. Yakni Beckham Putra dari Persib dan Takwir Rahman milik PSM Makassar, keduanya merupakan pemain yang masih sangat muda.

Beckham Putra masih berusia 18 tahun saat dirinya dipromosikan ke skuat senior Persib Bandung oleh Robert Rene Alberts di awal musim ini. 

Bahkan dirinya juga merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-19 asuhan Fakhri Husaini saat memastikan lolos ke turnamen final Piala Asia U-19 2020 pada November lalu.

Tapi secara keseluruhan, perbandingan harga skuat Persib Bandung vs PSM Makassar tidaklah terlalu jauh. Pertandingan terakhir Liga 1 2019 ini pun patut disaksikan oleh para pecinta sepak bola Indonesia.