In-depth

Persipura atau Persebaya Rebutan Runner-up Liga 1, Bisa ke Piala AFC?

Minggu, 22 Desember 2019 11:13 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Ynt/Indosport.com
Posisi runner-up kompetisi Liga 1 2019 nyatanya masih diperebutkan oleh dua tim legendaris Indonesia, yakni Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya. Copyright: © Grafis: Ynt/Indosport.com
Posisi runner-up kompetisi Liga 1 2019 nyatanya masih diperebutkan oleh dua tim legendaris Indonesia, yakni Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM – Posisi runner-up kompetisi Liga 1 2019 nyatanya masih diperebutkan oleh dua tim legendaris Indonesia, yakni Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya.

Saat ini Persebaya masih duduk di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 54 poin. Posisi itu mereka dapatkan usai menaklukkan Badak Lampung di pekan terakhir.

Namun posisi Persebaya ini masih belum aman. Tim berjuluk Bajul Ijo tersebut masih bisa tersingkir apabila Persipura sukses meraih kemenangan atas Borneo FC di laga terakhir Liga 1 2019.

Pertandingan Persipura vs Borneo ini akan dimainkan pada sore nanti di Stadion Sultan Agung, Bantul. Laga tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap posisi runner-up Liga 1 2019.

Karena saat ini hanya Persipura dan Persebaya yang berpeluang mendapatkan status runner-up Liga 1 2019. Keduanya terpaut dua poin, di mana Persipura (peringkat 4) mengoleksi 52 poin, sedangkan Persebaya (posisi 2) punya 54 poin.

Persipura sendiri harus menorehkan kemenangan agar bisa menggeser Persebaya dari posisi kedua klasemen sementara Liga 1 2019. Hasil imbang saja membuat Mutiara Hitam gagal merebut posisi runner-up.

Akan tetapi, langkah Persipura untuk menggusur Persebaya akan menemui jalan yang cukup sulit. Mengingat lawan yang mereka hadapi di pekan terakhir Liga 1 2019 bukan tim sembarangan.

Apalagi Boreno punya catatan yang cukup apik saat bermain di laga tandang. Tim berjuluk Pesut Etam tersebut belum terkalahkan dalam tiga laga tandang terakhir (1 menang dan 2 imbang).

Meski demikian, Persipura memiliki modal yang baik sebelum berhadapan dengan Borneo. Karena saat terakhir bermain di Stadion Sultan Agung, Persipura mampu menang 1-0 atas Barito Putera.

Peluang Bermain di Piala AFC 2020

© INDOSPORT
Logo Piala AFC. Copyright: INDOSPORTLogo Piala AFC.

Liga 1 nyatanya mendapatkan tiga slot agar bisa tampil di kompetisi level Asia. Tiga tim tersebut adalah juara Liga 1 Bali United, juara Piala Indonesia PSM Makassar, dan runner-up Liga 1.

Persipura dan Persebaya bisa saja tampil di Piala AFC 2020 andaikan salah satu dari mereka bisa menduduki peringkat kedua klasemen akhir Liga 1 2019.

Akan tetapi, itu bukan satu-satunya syarat bagi Persipura dan Persebaya agar bisa tampil di Piala AFC 2020 mendatang. Mereka harus beraharap agar Bali United mampu lolos dari babak play-off Liga Champions.

Karena jika Bali United tersingkir dari babak play-off tersebut, maka secara otomatis mereka akan tergabung ke dalam Grup G Piala AFC 2020 mendatang.

Bali United sendiri harus melewati tiga tahap terlebih dahulu agar bisa tampil di Liga Champions Asia 2020. Jika berhasil setiap laga, maka lawan yang mereka hadapi adalah Tampines Rovers, Melbourne Victory, dan wakil Jepang (belum diketahui).

Jika Serdadu Tridatu berhasil lolos dari babak play-off Liga Champions Asia 2020 tersebut, maka slot Piala AFC 2020 akan diberikan kepada runner-up Liga 1 2019.

Dalam hal ini, Persipura dan Persebaya menjadi dua tim yang berpeluang tampil di Piala AFC 2020. Pecinta sepak bola nasional pun tentunya berharap agar ada tiga wakil di pentas Asia pada musim depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%