Liga Inggris

Terkuak! Ini Alasan Mikel Arteta Setuju Jadi 'Juru Selamat' Arsenal

Minggu, 22 Desember 2019 15:48 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Keputusan Mikel Arteta untuk menjadi pelatih raksasa Liga Inggris, Arsenal ternyata memiliki satu alasan. Konon mantan pemain The Gunners ini memilih untuk pulang karena kalah saing di Manchester City.

Sebelumnya Manchester City sempat merencanakan posisi Arteta sebagai pengganti ideal Pep Guardiola kala pemutusan kontrak yang bisa terjadi secara mendadak.

Meski demikian The Citizens tidak menjamin akan bisa memberikan kepastian kursi pelatih utama untuk Arteta, mengingat Guardiola masih terbilang mampu menjadi juru taktik utama. Alhasil karena merasa sadar diri akan peluangnya yang tipis Arteta setuju hengkang ke Arsenal.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Txiki Begiristain selaku direktur olahraga Manchester City. Baginya keputusan Arteta pergi ke Arsenal bisa menjadi solusi perkembangan karier kepelatihannya, dibandingkan jika masih berstatus asisten pelatih Guardiola.

"Mikel (Arteta) adalah salah satu anggota tim Pep (Guardiola), dirinya telah memberikan yang terbaik selama masih di Manchester. Sepak terjangnya menjadi alasan kami mampu tampil apik selama ini," tutur Txiki dilansir Dailymail.

"Keputusannya untuk pergi ke Arsenal bisa menjadi langkah maju dalam perkembangan karier sepak bolanya, dan saya yakin kelak dia bisa menjadi pelatih kelas atas," tutupnya.

Debut perdana Arteta sebagai pelatih utama Arsenal diharapkan bisa membuat mantan klub tempatnya bermain itu selamat usai mengalami awal musim yang buruk di Liga Inggris.

Hingga memasuki pekan ke-18 Liga Inggris, Arsenal tercatat hanya mampu bertengger di posisi 11 dengan catatan rekor lima kali menang, delapan kali seri, dan lima kali kalah. Jika terus berlanjut, bukan tidak mungkin The Gunners bisa masuk ke zona degradasi.