Liga Indonesia

Deretan Pemain Amerika Latin yang Memiliki Kesan Tersendiri di Indonesia

Kamis, 26 Desember 2019 20:02 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© emosijiwaku.com
Jacksen F Tiago saat masih membela Persebaya sebagai pemain sepak bola. Copyright: © emosijiwaku.com
Jacksen F Tiago saat masih membela Persebaya sebagai pemain sepak bola.

INDOSPORT.COM - Kehadiran pemain asing di Liga Indonesia sendiri sudah dimulai sejak tahun 1990-an. Klub-klub di Indonesia mendatangkan pemain asing guna menambah kekuatan timnya dalam berlaga di Liga Indonesia. Dari beberapa pemain asing tersebut, berikut adalah 5 pemain asing Amerika Latin yang memiliki kesan tersendiri saat main di Indonesia.

Asal muasal pemain asing pun beragam, pemain asing yang banyak beredar di Liga Indonesai berasal dari Amerika Latin. Para pemain yang berasal dari Amerika Latin sendiri dikenal mempunyai kelincahan dan kecerdasan dalam bermain.

Dari banyaknya pemain asing yang berasal dari Amerika Latin di kompetisi Indonesia, siapa kah pemain yang dianggap sebagai pemain terbaik? Berikut ulasannya.

© GOAL.COM
Eks striker PSM Makassar, Julio Lopez. Copyright: GOAL.COMEks striker PSM Makassar, Julio Lopez.

Pemain asing Amerika Latin yang sukses berkarir di Indonesia adalah, Julio Gabriel Lopez Venegas. Pemain berpaspor Chile itu pertama kali datang ke Indonesia tahun 2001 silam dengan memperkuat PSIS Semarang.

J.Lo, sapaan akrab Julio Lopez, memang telah malang melintang memperkuat beberapa klub besar di Liga Indonesia. Tercatat, delapan klub Indonesia pernah diperkuat oleh J.Lo, yakni PSIS Semarang, Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan, Persisam Putra Samarinda, Persijap Jepara, dan Persikabo Bogor.

© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen Fereira Tiago. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comPelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.

Nama Jacksen Ferreira Tiago sukses menjadi pesepakbola dan pelatih asing asal Amerika Latin yang berkarier di Liga Indonesia. Pelatih yang kini berprofesi sebagai pelatih itu pertama kali menginjakan kaki di Indonesia tahun 1994 silam dengan memperkuat Petrokimia Putra.

Di musim pertamanya berkarir di Indonesia, Jacksen sukses mengantarkan Petrokimia Putra melaju ke partai final Liga Indonesia jilid pertama. Namun sayang, Jacksen gagal membawa Petrokimia Putra juara karena harus ditumbangkan oleh Persib bandung di partai final.

Jacksen sendiri telah malang melintang memperkuat beberapa klub besar di Indonesia. Tercatat, sebanyak 3 klub Indonesia telah diperkuat oleh Jacksen, yakni Petrokimia Putra, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Setelah sukses sebagai pemain, Jacksen sendiri memutuskan untuk banting setir untuk menjadi seorang pelatih. Beberapa klub besar Liga Indonesia hingga Timnas Indonesia pernah dilatih oleh Jacksen F Tiago.

  • Franco Hitta (Argentina)

Franco Martin Hitta Gonzalez merupakan salah satu pemain Amerika Latin tersukses yang pernah berkarir di kompetisi Liga Indonesia. Pemain berpaspor Argentina itu pertama kali menginjakan kaki di Indonesia tahun 2003 silam.

Hitta sendiri dikenal merupakan salah satu pemain bengal yang dimiliki oleh Arema Malang. Permainan ngotot serta tidak mau menyerah menjadi tipikal permain berpaspor Argentina ini.

Beberapa tim besar di Indonesia pernah diperkuat oleh Franco Hitta. Tercatat, Persita Tangerang, Arema Malang, Persema Malang dan Mitra Kukar.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ronald Daian Fagundez Olivera Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRonald Daian Fagundez Olivera

Ronal Fagundez mengawali karir di sepakbola Indonesia kala bermain bersama PSM Makassar di tahun 2004 silam. Namun, nama Fagundez mulai berkibar kala memperkuat Persik Kediri di musim 2006 silam.

Di musim perdananya memperkuat Persik Kediri, Ronal Fagundez sukses mengantarkan Macan Putih meraih gelar juar Liga Indonesia musim 2006 silam. Keberhasilan Persik sendiri tak lepas dari peran vital Fagundez di lini tengah.

Selain Persik Kediri, Fagundez tercatat pernah memperkuat beberapa klub besar di Indonesia. Tercatat, PSM Makassar, Persik Kediri, Persisam Putra Samarinda, dan PSIS Semarang.

© Alvino Hanafi
Carlos de Mello Copyright: Alvino HanafiCarlos de Mello

Pemain asing asal Brasil, Carlos De Mello merupakan salah satu pemain terbaik Amerika Latin yang pernah merumput di Liga Indonesia. Carlos De Mello sendiri pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1994 silam dengan bergabung bersama Petrokimia Putra.

Mantan kompatriot Jacksen F Tiago di Petrokimia Putra ini adalah salah satu pemain tengah paling berpengaruh bagi tim-tim yang dibelanya. Petrokimia Gresik dan Persebaya Surabaya adalah dua dari sekian banyak tim Indonesia pernah merasakan magis pemain asli Brasil tersebut.

Beberapa klub besar pernah diperkuat oleh Carlos de Mello, antara lain Petrokimia Putra Gresik, Mitra Surabaya, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.