Bola Internasional

Penunjukan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia Bikin Fans Malaysia Khawatir

Jumat, 27 Desember 2019 09:26 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Penunjukan Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia membuat sebagian suporter sepak bola Malaysia merasa khawatir. Copyright: © INDOSPORT
Penunjukan Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia membuat sebagian suporter sepak bola Malaysia merasa khawatir.

INDOSPORT.COM – Penunjukan Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia membuat sebagian suporter sepak bola Malaysia merasa khawatir. Mereka menilai bahwa eks pelatih Timnas Korea Selatan itu bisa menaikkan level permainan skuat Garuda.

Salah satu fans asal Malaysia menyatakan bahwa Shin Tae-yong memperlihatkan ambisi besar PSSI untuk meraih prestasi. Hanya saja, ia merasa bahwa Indonesia perlu menjaga konsistensi mentalnya apa pun yang terjadi selama periode awal.

Jika PSSI konsisten dengan kontrak Shin, Timnas Indonesia dinilai bakal berbahaya. Potensi bahaya itu dilihat dari kemungkinan cocoknya filosofi sepak bola Shin dengan Indonesia, serta kemampuan manajemen pemainnya.

Fans lainnya merasa beruntung karena Shin Tae-yong belum menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia kala melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil beberapa waktu lalu. Ia juga mewaspadai kiprah Indonesia di Piala AFF 2020 mendatang.

Sementara itu, ada juga yang merasa bahwa penunjukan Shin Tae-yong ini adalah karena kegagalan Indonesia mencetak pelatih berkualitas. Padahal, Indonesia memiliki liga yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Malaysia.

Shin Tae-yong sendiri kabarnya tidak hanya menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia senior, tetapi juga U-23 dan U-20. Eks Seongnam Ilhwa Chunma itu dinilai punya pengalaman dalam menangani ketiga kelompok tersebut.

Selain itu, Shin juga membawa pelatih kebugaran ternama asal Korea Selatan, Lee Jae-hong. Nama terakhir disebut-sebut sebagai staf pelatih kelas dunia yang bisa membawa dampak positif berkat pengetahuan dan keahliannya.

Shin Tae-yong rencananya akan diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Sabtu (28/12/19) esok. Untuk level senior, ia bakal memiliki persiapan yang cukup panjang untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 berikutnya melawan Thailand, 26 Maret 2020 mendatang.