Liga Indonesia

3 Keuntungan Persija Jakarta Jika Datangkan Otavio Dutra di Liga 1 2020

Minggu, 29 Desember 2019 20:59 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© persebaya.id
Otavio Dutra bisa menghadirkan tiga keuntungan buat Persija Jakarta andai mendatangkannya jelang Liga 1 2020. Copyright: © persebaya.id
Otavio Dutra bisa menghadirkan tiga keuntungan buat Persija Jakarta andai mendatangkannya jelang Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Otavio Dutra bisa menghadirkan tiga keuntungan buat Persija Jakarta andai mendatangkannya jelang Liga 1 2020.

Pemain belakang Persebaya Surabaya di Liga 1 2019, Otavio Dutra dirumorkan menjadi minat beberapa klub untuk mendatangkannya jelang musim depan. Salah satunya klub asal Ibukota, Persija Jakarta.

Telah melepas beberapa pemain belakangnya, termasuk legiun asing, Xandao, Persija Jakarta menjadi salah satu klub yang dirumorkan meminati Dutra selain juga klub Madura United.

Ketertarikan Persija Jakarta terhadap Dutra memang masih sebatas rumor. Namun jika terwujud, maka setidaknya tiga keuntungan akan nyata dirasakan oleh klub berjuluk Macan Kemayoran itu.

Apa saja keuntungannya? berikut INDOSPORT merangkumkan.

Lokal Rasa Asing

Keuntungan pertama yang bisa didapat Persija Jakarta jika mendatangkan Otavio Dutra tentu saja terkait statusnya yang merupakan pemain lokal.

Usai dinaturalisasi, Dutra jelas bisa menghadirkan keuntungan buat setiap klub yang memakai jasanya karena tak akan mengurangi kuota pemain asing yang terbatas. Dengan kedatangan Dutra, kuota tiga pemain asing dan satu pemain Asia yang dimiliki Persija Jakarta tak akan berkurang.

Selain itu, dengan status pemain lokal, kualitas Dutra tentu tak bisa dikesampingkan, masih berlevel seperti pemain asing.

Kualitas dan Pengalaman

Bicara kualitas, meski sudah berusia 35 tahun, Dutra jelas masih sangat layak untuk diandalkan di Liga 1. Dengan kemampuan membaca permaiann yang baik, Dutra juga memiliki kelebihan dalam duel bola-bola atas. Termasuk dalam mencetak gol.

Selain itu, dengan pengalaman yang dimiliki, jiwa kepemimpinan Dutra juga bisa berperan penting dalam mengkordinir lini pertahanan. Agar tidak sering terjadi miskomunikasi, seperti yang kerap kali terjadi antara dua pemain belakang Persija Jakarta musim lalu.

Mentor Untuk Pemain Asing

Selain masalah teknis di lapangan, Otavio Dutra juga bisa memberikan keuntungan sebagai mentor buat pemain asing, khususnya mereka yang baru pertama kali main di Indonesia.

Lama di Indonesia dan memiliki kemampuan bahasa asing mulai dari bahasa Portugis (Brasil) hingga Inggris, tentu Dutra bisa menjadi mentor yang baik buat pemain asing Persija Jakarta nantinya.

Lewat bantuan Dutra, pemain baru tersebut bisa bersosialisasi dan beradaptasi lebih cepat di Persija dan kehidupan Jakarta. Apalagi jika pemain asing tersebut berasal dari Brasil, maka kehadiran Dutra tentu akan membuatnya bisa cepat kerasan di Persija Jakarta. Dan itu tentu menguntungkan tim secara keseluruhan di Liga 1 nantinya.