Liga Indonesia

Termasuk Eks PSIS, Segini Harga Fantastis 3 Pemain Anyar Persebaya

Kamis, 2 Januari 2020 17:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© shutterstock.com/wikipidea.com
Persebaya Surabaya bergerak cepat memperkenalkan tiga pemain anyar untuk Liga 1 2020, termasuk eks PSIS Semarang. Kira-kira segini harga yang dikeluarkan. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Persebaya Surabaya bergerak cepat memperkenalkan tiga pemain anyar untuk Liga 1 2020, termasuk eks PSIS Semarang. Kira-kira segini harga yang dikeluarkan.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya bergerak cepat memperkenalkan tiga pemain anyar untuk Liga 1 2020, termasuk eks PSIS Semarang. Kira-kira segini harga yang dikeluarkan.

Masa bursa transfer Liga 1 2020 sudah menggeliat sejak pengujung Desember 2019 atau setelah kompetisi berakhir. Sebab setiap klub ingin diperkuat pemain andalan.

Bahkan tak jarang mereka digadang-gadang bakal gabung keklub baru. Akan tetapi hal tersebut cukup wajar di dunia sepak bola modern seperti saat ini.

Salah satunya yang mulai menampakan geliatnya adalah klub asal Jawa Timur Persebaya Surabaya. Bajol Ijo baru-baru ini sudah bergerak dalam mencari pemain.

Sebelumnya mereka telah melepas sembilan pemain dan mempertahankan sembilan penggawa andalan sejauh ini. Ditambah tiga rekrutan baru menjadi 12.

Rekrutan yang dimaksud adalah Arif Satria (eks Persela Lamongan), Bayu Nugroho (eks PSIS Semarang), dan Ricky Kambuaya (eks PSS Sleman).

Pasalnya Persebaya bakal menjalani dua kompetisi berbeda mulai dari Liga 1 dan ASEAN Club Championship pada musim depan (belum termasuk Piala Presiden).

Maka dari itu tak ada salahnya untuk sedikit melihat biaya yang dikeluarkan oleh Persebaya Surabaya sejauh ini. Jumlah tersebut hanyalah nilai pasar (market value) pemain berdasarkan data Transfermarkt.

1. Arif Satria

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Persela Lamongan, Arif Satria Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek Persela Lamongan, Arif Satria.

Mantan pemain Persela Lamongan (2018-19) Arif Satria telah resmi direkrut oleh Persebaya. Bahkan kepala pelatih Aji Santoso yang memintanya didatangkan.

"Karena itu, saat coach Aji Santoso menawari, tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan," ujar Arif dinukil laman resmi klub, Kamis (2/1/20).

Diketahui harga pasar Arif Satria saat ini mencapai Rp3,4 miliar (225.000 euro) per 27 Desember 2019. Nilai tersebut belum berubah sejak perbaruan terakhir 22 Desember 2018.

2. Ricky Kambuaya

© Ronald Seger/INDOSPORT
Ricky Kambuaya Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTRicky Kambuaya ketika masih membela PSS Sleman.

Eks PSS Sleman (2019) Ricky Kambuaya juga menjadi rekrutan berikutnya Persebaya dalam menyambut Liga 1 2020. Ricky akan memperkokoh sektor tengah Bajol Ijo.

Diketahui kalau harga pasar Ricky sejauh ini menembus angka hingga Rp1,1 miliar (75.000 Euro) per 27 Desember 2019. Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah ke depannya.

3. Bayu Nugroho

© Twitter/@psisfcofficial
Bayu Nugroho (kiri) & Septian David Maulana (kanan) Copyright: Twitter/@psisfcofficialBayu Nugroho (kiri) saat masih membela PSIS Semarang (kiri) dan bintang Laskar Mahesa Jenar Septian David Maulana (kanan).

Mantan pemain PSIS Semarang Bayu Nugroho juga masuk dalam skema kepala pelatih Persebaya Aji Santoso untuk Liga 1 2020. Menurut Aji, Bayu punya potensi besar.

"Kami butuh kedalaman skuad yang bagus karena banyak kompetisi yang akan kami ikuti tahun ini," papar Aji dikutip laman resmi klub, Kamis (02/01/20).

Meski begitu perlu diketahui kalau harga pasar Bayu Nugroho mencapai Rp2,6 miliar (175.000 Euro) per 27 Desember 2019. Jumlah tersebut juga belum berubah sejak terakhir 22 Desember 2018.

Melihat tiga rekrutan tadi, Persebaya tampaknya telah merogoh kocek lebih dari Rp7,1 miliar. Jumlah tersebut bahkan masih bisa bertambah jika mereka kembali mendatangkan pemain baru.

Namun, perlu diingat lagi kalau data tersebut belum bisa menjadi acuan karena kesepakatan kontrak hanya menjadi rahasia antara pemain dan klub.