Liga Indonesia

3 Pemain Borneo FC yang Terancam Didepak Akibat Kedatangan Edson Tavares

Sabtu, 4 Januari 2020 20:49 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beberapa pemain Borneo FC terancam didepak jelang Liga 1 2020, akibat kedatangan pelatih anyar, Edson Tavares. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beberapa pemain Borneo FC terancam didepak jelang Liga 1 2020, akibat kedatangan pelatih anyar, Edson Tavares.

INDOSPORT. COM - Beberapa pemain Borneo FC terancam didepak jelang Liga 1 2020, akibat kedatangan pelatih anyar, Edson Tavares.

Nama Edson Tavares akhirnya memiliki klub baru lagi usai didepak Persija Jakarta. Tepat pada Sabtu (04/01/19) malam, Edson resmi diumumkan menjabat sebagai pelatih Borneo FC untuk gelaran Liga 1 2020 mendatang.

Pengumuman dilakukan pihak Borneo FC melalui akun Instagram resmi klub. Borneo FC membuat sebuah unggahan video khusus unuk memperkenalkan sosok Edson.

"Banyak yang Sudah Menunggu Ya? Perkenalkan Head Coach Borneo FC Untuk Musim Kompetisi 2020, Edson Tavares!," tulis Borneo FC lewat akun instagram.

Kedatangan Edson menutupi kekosongan kursi pelatih yang sebelumnya dipegang Mario Gomez. Tangan dingin Edson tentunya diharapkan bisa membawa Borneo FC lebih berprestasi lagi musim depan, minimal melebihi capaian Mario Gomez yang finis peringkat tujuh di Liga 1 2019.

Lebih lanjut, Edson pastinya akan mengevaluasi skuat Borneo FC yang ada, memilah mana pemain yang dibutuhkan, dan mana yang tidak. Hal itu jelas membuat beberapa nama pemain kemungkinan terancam harus angkat kaki dari Borneo FC.

Lalu, siapa saja para pemain yang bakal masuk ke dalam daftar pencoretan Edson? Redaksi berita olahraga INDOSPORT coba membuat perkiraannya dalam rangkuman berikut.

Renan Silva

Nama Renan Silva memang merupakan andalan Borneo FC sepanjang gelaran Liga 1 2018 lalu. Buktinya saja, Renan mampu mencetak 12 gol dan delapan assist dari 30 penampilan bersama Borneo FC.

Lebih hebatnya lagi, Renan Silva mengakhiri kompetisi dengan meraih penghargaan pemain terbaik Liga 1 2019. Hal yang seharunya membuat posisi Renan di skuat Borneo FC musim depan aman.

Namun belakangan nasib Renan bersama Borneo FC malah begitu abu-abu. Kontraknya di Borneo FC sudah berakhir sejak Desember 2019, dan hingga kini belum mendapat perpanjangan.

Kedatangan Edson Tavares selaku pelatih baru, diyakini bakal membuat Renan lebih dekat menuju pintu keluar Borneo FC. Apalagi Renan sendiri telah mengutarakan niatnya untuk kembali ke klub lamanya, Persija Jakarta.

"Tapi saya tak tahu bagaimana ke depannya dan semua itu tergantung kepada menajemen Persija. Apakah mereka nanti mengirimkan tawaran kepada saya," ungkap Renan Silva.

Javlon Guseynov 

Pemain asing sepertinya akan menjadi korban dari kedatangan pelatih anyar Borneo FC, Edson Tavares. Mungkin saja Edson Tavares memiliki seleranya sendiri dan mendepak pemain asing Borneo FC yang sudah ada.

Javlon Guseynov bisa saja keluar sebagai sosok yang didepak Edson Tavares. Meski musim lalu Javlon Guseynov tampil reguler berkat catatan 32 laga, Edson sepertinya lebih akrab dengan bek asal Brasil.

Kebetulan, di luar sana, Xandao yang merupakan bek Brasil andalan Edson semasa masih membesut Persija Jakarta, sedang tak memiliki klub. Ada peluang besar bagi Edson mendepak Javlon Guseynov dan menggantinya dengan bek yang telah dikenalnya seperti Xandao.

Rifal Lastori

Bukan hanya pemain asing saja yang bisa menjadi korban kedatangan Edson Tavares. Bintang lokal yang kini sudah dimiliki Borneo FC, juga mungkin terdepak karena tak sesuai dengan rencana Edson untuk Liga 1 2020.

Nama yang sepertinya akan terdepak akibat kedatangan Edson adalah Rifal Lastori. Pemain satu ini musim lalu di bawah arahan Mario Gomez nampak kurang memberikan kontribusi nyata kepada tim.

Rifal tercatat hanya bermain 13 kali dari keseluruhan pertandingan Liga 1 2019 yang dilakoni Borneo FC. Sumbangsihnya pun cuma berada pada angka satu gol dan satu assists.

Edson berpotensi mendepak Rifal dan menggantinya dengan pemain yang bisa lebih memberikan kontribusi. Tinggal dinanti saja, bagaimana kebijakan Edson di Borneo FC, apakah ketiga nama tadi ada yang terdepak? Atau justru muncul nama lain yang bakal angkat kaki?