Liga Inggris

Filosofi Baru, Legenda Setuju Pep Guardiola Ubah Wajah Sepak bola Inggris

Minggu, 5 Januari 2020 20:45 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola Britania Raya, Gary Lineker, menyetujui pendapat soal Pep Guardiola berhasil mengubah wajah permainan Liga Inggris sejak kedatangannya ke Manchester City edisi 2016-2017.

Melansir dari Manchester Evening News, pendapat ini bermula dari beredarnya video pasca Manchester City menang atas Port Vale di putaran ketiga Piala FA 2020. Seorang reporter menanyakan kepada sosok pria asal Spanyol tersebut apakah ia merasa telah merubah sepak bola Inggris di setiap kompetisi.

Melihat video tersebut, Gary Lineker melalui akun Twitter pribadinya menyetujui bahwa Pep Guardiola berhasil mengubah wajah sepak bola Inggris dengan skema yang ia bawa di Manchester City.

"Saya akan katakan itu kepadanya (Guardiola). Dia telah melakukannya (mengubah wajah sepak bola Inggris). Dialah orang yang paling memberi pengaruh positif," tulis Lineker melalui akun Twitter pribadinya.

Bahkan bagi Lineker, pengaruh yang diberikan Guardiola ke Liga Inggris lebih banyak ketimbang dua manajer legendaris sekali pun, seperti Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson.

"Rasa hormat sepenuhnya untuk prestasi yang diraih Ferguson. Tentu dia manajer tersukses, tapi di sisi lain Pep Guardiola berhasil merubah cara bermain dan pola pikir kami. Obsesi kami bermain cepat ke Total Football (filosofi Johan Cruyff)," lanjut Lineker.

Pep Guardiola sendiri memang menjadi ikon pelatih yang mampu menerapkan Total Football di era modern. Setiap tim kesebelasan yang ia latih, seperti Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City, bermain dengan atraktif dan berprestasi.