Liga Indonesia

Potensial, Aji Santoso Siap Maksimalkan Pemain Muda Persebaya Musim Ini

Minggu, 5 Januari 2020 13:15 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, dalam konferensi pers usai laga Liga 1 2019. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, dalam konferensi pers usai laga Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Gelar tangan dingin dalam mengorbitkan banyak pemain muda memang pantas disandang oleh Aji Santoso. Buktinya di Persebaya Surabaya, sang pelatih berencana untuk memasukkan pemain-pemain muda dalam skuat Liga 1 2020.

Menurutnya, talenta pemain muda perlu dimaksimalkan ke depannya. Visi ini pun selaras dengan Persebaya yang juga kebetulan punya banyak stok pemain muda hasil dari kompetisi internal atau dari kompetisi kelompok umur.

"Saya sudah mengamati penampilan mereka. Banyak yang potensial seperti Mochammad Supriadi misalnya. Dia cerdas dan punya kemampuan olah bola mumpuni," kata Aji Santoso, Sabtu (4/1/20).

Persebaya Surabaya saat ini setidaknya punya enam pemain muda jebolan tim U-20, antara lain Koko Ari Araya, M Kemaluddin, Zulfikar Akhmad, Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi, dan Rizky Ridho.

Kelima pemain ini sebelumnya hanya sebagai pelengkap di tim Persebaya Senior, tapi Aji Santoso belakangan mulai memberikan kepercayaan kepada mereka untuk bermain, bahkan di pertandingan penting sekali pun.

Selain jebolan Persebaya U-20, masih ada Rachmat Irianto, pemain yang telah membela timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019. Malahan putra kandung asisten pelatih Bejo Sugiantoro ini diikat kontrak manajemen hingga 2021 nanti.

Sekadar mengingatkan, tahun ini kemungkinan bakal sibuk bagi Persebaya. Status runner-up Liga 1 2019 membuat mereka mewakili Indonesia di ajang ASEAN Club Championship (ACC) 2020, selain itu ada kemungkinan juga bergulir Piala Indonesia.