Liga Indonesia

Jika Jadi Melatih, Sergio Farias Bisa Ajak 3 Pemain Kesayangannya Gabung Persija Jakarta

Sabtu, 11 Januari 2020 19:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© gulfnews.com
Andai jadi melatih, juru taktik asal Brasil, Sergio Farias, sepertinya bisa ajak sejumlah pemain kesayangannya untuk gabung klub Liga 1 2020, Persija Jakarta. Copyright: © gulfnews.com
Andai jadi melatih, juru taktik asal Brasil, Sergio Farias, sepertinya bisa ajak sejumlah pemain kesayangannya untuk gabung klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Andai jadi melatih, juru taktik asal Brasil, Sergio Farias, sepertinya bisa mengajak sejumlah pemain kesayangannya untuk gabung klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

Teka-teki soal pelatih anyar Persija Jakarta untuk kompetisi musim depan, kembali mengarahkan kepada sosok juru taktik asing. Teranyar, Persija Jakarta dikaitkan dengan pelatih asal Brasil, Sergio Farias.

Isu ini muncul setelah adanya kecocokan antara kebiasaan Persija Jakarta memakai jasa pelatih Brasil, dan status Farias yang belum memiliki klub. Jika isu sampai benar terwujud, Farias tentu akan duduk di kursi kepelatihan Persija Jakarta pada pentas Liga 1 2020 mendatang.

Kalau dilihat dari rekam jejak kariernya, Farias terbiasa menangani tim-tim Asia. Ia pernah melatih klub Korea Selatan, Pohang Steelers, lalu ada Al Ahli (Arab Saudi), Al-Wasl (Uni Emirat Arab), Guangzhou RF (China), Suphanburi (Thailand), Al-Hilal (Sudan), dan terakhir Gaish (Mesir).

Taruhlah Farias ke depannya jadi melatih Persija Jakarta, tentu dirinya mempunyai hak untuk mengambil kebijakan perekrutan pemain di bursa transfer. Kebetulan, Farias punya sejumlah pemain kesayangan dari klub-klubnya dulu yang mungkin diangkut pula untuk gabung Persija Jakarta.

Lalu, siapa sajakah kira-kira pemain kesayangan Farias yang dimaksudkan tersebut? Redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkumnya dalam ulasan berikut.

Dellatorre

Dellatorre pernah menjadi anak asuh dari Sergio Farias di klub Liga Thailand, Suphanburi FC. Kebersamaan Dellatorre dengan Farias tercipta dari tahun 2016 hingga 2017.

Semasa dilatih Farias, Dellatorre tergolong tampil cukup tajam. Buktinya, Transfermarkt mencatat Dellatorre mampu mencetak 12 gol dari 16 penampilan kala di bawah arahan Farias.

Dellatorre sendiri sepertinya bisa menjadi opsi bagi Farias, apabila nantinya menjadi pelatih anyar Persija Jakarta. Kebersamaan di masa lalu, membuat Farias sudah mengerti betul cara memakai Dellatorre, dan berpotensi memberikan keuntungan besar untuk lini depan Persija Jakarta.

Namun, untuk mendatangkan Dellatorre sepertinya tidaklah mudah. Dellatorre kini masih terikat kontrak dengan Suphanburi FC, dan butuh biaya transfer sekitar 700 ribu euro untuk membawanya gabung Macan Kemayoran.

Davi Rodrigues

Nama Davi Rodrigues mungkin menjadi gelandang tengah tertajam yang pernah dimiliki Sergio Farias. Maklum saja, selama diasuh Farias di klub China, Guangzhou RF, Davi Rodrigues mampu tampil tajam dengan sumbangsih 10 gol dan 11 assists dari 37 penampilan.

Davi Rodrigues pun sepertinya bisa pula diangkut apabila Farias jadi melatih Persija Jakarta. Selain karena faktor kedekatan masa lalu, Davi Rodrigues hingga kini juga belum memiliki klub lagi dan bisa diboyong secara gratis.

Rafael Coelho

Rafael Coelho diketahui pernah menjadi anak asuh Sergio Farias di klub China, Guangzhou RF. Coelho dan Farias saling bekerjasama membela Guangzhou RF pada tahun 2012 hingga 2013.

Saat ditangani Farias, kiprah Coelho tergolong cukup produktif menghasilkan gol. Berdasarkan data Transfermarkt, Coelho di bawah arahan Farias mampu mencetak 19 gol dari 37 penampilan.

Coelho pun lantas bisa menjadi salah satu pemain yang dibawa Farias ke Persija Jakarta. Sosok Coelho terakhir kali bermain untuk klub kasta bawah Liga Thailand, Lampang FC.

Kalau diterka dari rekam jejak kariernya, Coelho sepertinya punya kualitas mentereng. Pada musim 2008/09, Coelho berhasil meraih gelar top skor kasta kedua Liga Brasil bersama Figueirense.