Liga Indonesia

Sebelum Resmi ke Persija, Sergio Farias Pernah Latih Eks Striker Persib Bandung

Senin, 13 Januari 2020 07:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© KARIM JAAFAR/AFP via Getty Images
Pelatih Persija Jakarta di Liga 1 2020, Sergio Farias pernah melatih eks striker Persib Bandung. Copyright: © KARIM JAAFAR/AFP via Getty Images
Pelatih Persija Jakarta di Liga 1 2020, Sergio Farias pernah melatih eks striker Persib Bandung.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta baru saja mendatangkan pelatih baru bernama Sergio Farias untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Ia akan mengambil alih tugas Edson Tavares.

Kabar tersebut dibenarkan langsung oleh presiden Persija Jakarta Ferry Paulus. Dirinya melalui laman resmi klub mengungkapkan, jika Farias akan menjadi pelatih Persija di Liga 1 2020.

“Kami resmi teken kontrak dengan Sergio Farias sebagai pelatih Persija untuk kompetisi tahun ini. Rekam jejaknya yang bagus, membuat Persija tertarik merekrutnya,” ujarnya.

Farias sendiri memang memiliki catatan yang cukup bagus sebagai seorang pelatih. Mengingat dirinya beberapa kali menorehkan trofi bergengsi sepanjang karier kepelatihannya.

“Sergio sebelumnya pernah membesut klub pro asal Korea Selatan dan berhasil menjadi kampiun di liga bahkan pernah keluar sebagai juara antarklub di Asia. Itu pertimbangan kami merekrut dia. Kami yakin bisa membawa Persija juara sesuai target kami,” tambah Ferry.

Namun jauh sebelum Farias diresmikan ke Persija pada Liga 1 2020, dirinya pernah melatih sosok eks striker Persib Bandung, yakni Sergio van Dijk.

Itu terjadi ketika Farias dan Van Dijk sama-sama masih menjadi bagian klub kasta teratas Liga Thailand, yakni Suphanburi. Keduanya sempat bekerja sama pada musim 2015 lalu.

Van Dijk sendiri hampir selalu menjadi andalan lini depan Suphanburi di bawah arahan Farias. Terhitung, mantan striker Persib itu dipercaya tampil sebanyak 13 pertandingan.

Dalam 13 laga tersebut, penyerang naturalisasi asal Belanda tersebut mampu mengemas 5 gol. Torehan itu berlanjut ketika Suphanburi mendapatkan sosok pelatih baru.

Sekedar informasi, Farias diberhentikan dari tugas kepelatihannya pada agustus 2015 lalu. Dirinya pun digantikan oleh sosok pelatih lokal, yakni Worrawoot Srimaka.

Jika dijumlahkan, maka Van Dijk berhasil mengumpulkan 14 gol dari 26 pertandingan di kompetisi Liga Thailand musim 2015 lalu.

Dengan pengalamannya bersama striker Indonesia, maka bukan tidak mungkin jika Farias akan membuat penyerang Persija lebih bertaring di Liga 1 2020 mendatang.