Liga Indonesia

Atlet Sumut Diharapkan Raih 20 Emas di ASEAN Para Games 2020

Kamis, 16 Januari 2020 20:41 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ASEAN Para Games
Misi besar diusung pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara (Sumut) pada keikutsertaan atletnya dalam ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Copyright: © ASEAN Para Games
Misi besar diusung pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara (Sumut) pada keikutsertaan atletnya dalam ASEAN Para Games 2020 di Filipina.

INDOSPORT.COM - Misi besar diusung pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara (Sumut) pada keikutsertaan atletnya membela kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2020 Filipina.

Selain misi ingin membawa tim merah putih pertahankan juara umum saat di ASEAN Para Games 2017 Malaysia lalu, atlet Sumut juga diharapkan bisa meningkatkan perolehan medali dari sebelumnya.

Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan, pengurus tidak ingin terlalu membebankan para atlet Sumut dengan medali emas.

Namun ia optimis para patriot olahraga difabel asal Sumut bisa menorehkan medali lebih baik dari sebelumnya. Jika di edisi sebelumnya Sumut berhasil menyumbangkan 16 emas, Alan optimitis tahun ini bisa meningkat menjadi 20 emas.

"Prediksi medali kita gak mau muluk-muluk dan gak mau bebani sama atlet. Kemarin itu kita ada sekitar 16 medali emas. Tahun ini mudah-mudahan bisa tembus di 20 emas," ucap Alan kepada awak media kemarin.

Optimisme atlet ASEAN Para Games 2020 dari cabang lempar cakram ini untuk mewujudkan target tersebut bukan tanpa alasan. Pada edisi sebelumnya Sumut turut menyumbangkan 17 atlet yang bergabung ke pelatnas. Tahun ini meningkat menjadi 24 atlet.

Belum lagi skuad tahun ini banyak perpaduan atlet muda potensial yang sudah memberikan kejutan dengan masuk ke pelatnas perdananya. Hal ini menunjukkan bahwa regenerasi atlet Sumut berjalan baik.

"Kalau target kita dari awal saya sudah prediksi dari tahun 2017 ke 2020, kita mau tingkatkan jumlah atlet kita ke pelatnas. Kalau 2017 itu kita kan ada 17 atlet yang perkuat Indonesia. Sekarang kita jadi 24 atlet dari Sumut. Apalagi kita ditambah dengan atlet yang pertama kali ikut seleknas langsung lolos dan banyak usia muda," optimisnya.

Sebagai informasi, pada ASEAN Para Games 2020 Filipina ini, Sumut turut menyumbangkan 24 atlet ke kontingen Indonesia. Ke-24 atlet ini berasal dari berbagai cabang seperti atletik, catur, renang, angkat berat, judo, sepeda, voli duduk, dan tenis meja.