Liga Indonesia

Serba Bisa, Pilar Timnas U-19 Milik PSIS Tertantang Lakoni Berbagai Posisi

Senin, 20 Januari 2020 10:45 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Ofisial PSIS
Pemain baru PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, saat diperkenalkan di Stadion Jatidiri, menjelang Liga 1 2020. Copyright: © Ofisial PSIS
Pemain baru PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga, saat diperkenalkan di Stadion Jatidiri, menjelang Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang tampaknya harus bersyukur bisa merekrut salah satu penggawa timnas Indonesia U-19, Alfeandra Dewangga Santosa, untuk mengarungi Liga 1 dalam beberapa tahun ke depan.

Pasalnya, pemuda berusia 19 tahun tersebut merupakan salah satu pemain yang bisa ditempatkan di beberapa posisi. Dewangga bisa diplot sebagai bek tengah seperti selama ini di timnas U-19 atau bek sayap kiri.

Kemampuan pengguna nomor punggung 19 PSIS Semarang ini sebenarnya sama dengan Safrudin Tahar yang telah lama memperkuat Laskar Mahesa Jenar. Dia juga kerap ditempatkan di bek sayap maupun bek tengah.

Keahilan Dewangga yang serupa Safrudin Tahar tersebut tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pelatih Dragan Djukanovic karena bakalan menambah beberapa variasi di lini belakang PSIS.

Setali tiga uang, Alfeandra Dewangga mengaku siap menerima tantangan apabila Dragan Djukanovic menempatkannya di dua posisi berbeda dalam mengarungi Liga 1 2020.

"Saya siap ditempatkan di mana saja, biasanya kalau di timnas saya lebih sering bermain sebagai bek tengah, namun apabila di PSIS akan dimainkan di bek kiri saya juga siap," tutur Dewangga kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Senin (20/1/20).

"Intinya, saya sebagai pemain menurut saja apa pun instruksi pelatih. Nanti biar saat latihan beliau melihat pantasnya saya ditempatkan di mana bersama PSIS," imbuh pemain yang mengidolakan Luke Shaw ini.

Walaupun serba bisa, Alfeandra Dewangga tetap mencoba rendah hati dengan mengatakan bahwa di PSIS Semarang masih banyak pemain yang lebih senior, terlebih di sektor pertahanan. 

Sehingga, Dewangga juga akan belajar banyak dari rekan-rekan setimnya seperti Fredyan Wahyu, M. Rio, Wallace Costa, Safrudin Tahar, Frendi Saputra, dan beberapa pemain belakang lainnya.

"Saya ini kan baru bergabung di PSIS. Saya tetap akan belajar banyak dari senior-senior di lini belakang. Apalagi selama ini lini belakang tim sudah cukup padu," pungkasnya.