Liga Indonesia

Pria Berlisensi FIFA Datangi Calon Markas Baru PSIS di Liga 1 2020

Kamis, 23 Januari 2020 13:04 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Stadion Citarum yang akan digunakan PSIS di Liga 1 2020. Foto: Alvin Syaptia/INDOSPORT. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Stadion Citarum yang akan digunakan PSIS di Liga 1 2020. Foto: Alvin Syaptia/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Stadion Citarum yang rencananya digunakan PSIS Semarang untuk home base di Liga 1 2020 didatangi tenaga ahli asal China yang memiliki lisensi FIFA.

Pria asal Negeri Tirai Bambu ini datang pada Rabu (22/01/20) dan langsung mengecek beberapa komponen Stadion Citarum.

Plh Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, M. Irwansyah menyebut pihak Pemerintah Kota Semarang sengaja mendatangkan tenaga ahli dari China untuk menguji kelayakan Stadion Citarum.

"Sertifikasi dilakukan hari ini (red-Rabu) untuk mengecek beberapa komponen terutama rumput," tutur M. Irwansyah, Rabu (22/01/20) kemarin.

"Petugas yang memasang rumput kita juga dari luar negeri dan sudah memiliki sertifikasi. Mereka yakin Stadion Citarum bisa lolos standar verifikasi," imbuhnya.

Sementara itu, Yulies selaku kontraktor yang mengerjakan perbaikan proyek Stadion Citarum mengatakan ada beberapa hal yang harus dipenuhi supaya stadion yang terletak di Kecamatan Semarang Timur tersebut mendapatkan sertifikat FIFA Quality.

"Ada tes vertical ball rebound atau bola lambung vertikal dan Ball Roll atau bola bergulir," ungkap Yulies.

Saat ini Stadion Citarum memang sudah selesai 100 persen proses renovasinya sehingga dikebut beberapa kekurangan lainnya seperti sertifikasi supaya bisa digunakan untuk menggelar sebuah pertandingan resmi.

Apabila nanti Stadion Citarum telah memiliki sertifikasi sesuai standar FIFA, PSIS selaku tim yang akan menggunakan Stadion Citarum akan mengajukan ke PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk diverifikasi keseluruhan stadion termasuk hal-hal di luar lapangan supaya bisa digunakan di kompetisi Liga 1 2020.

Jika berhasil lolos verifikasi PT LIB, PSIS dipastikan akan kembali ke Kota Semarang setelah dua tahun lebih menjadi tim musafir di Kota Magelang sejak babak 16 besar Liga 2 tahun 2017.