Liga Indonesia

Reuni Akbar Gelora Dewata, Klub Bali Pertama di Level Elite Sepak bola Indonesia

Jumat, 24 Januari 2020 08:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Wayan Sukadana, salah satu legenda yang akan hadir dalam reuni akbar klub Galatama, Gelora Dewata. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Wayan Sukadana, salah satu legenda yang akan hadir dalam reuni akbar klub Galatama, Gelora Dewata. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelora Dewata 89 berencana menggelar reuni akbar di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, pada 8 Februari mendatang. Agenda ini akan dimeriahkan oleh puluhan mantan pesepak bola era 1990-an yang pernah memperkuat jebolan kompetisi Galatama tersebut.

Reuni Gelora Dewata menjadi yang pertama sejak tim ini resmi pindah markas ke Sidoarjo dan berubah nama menjadi Gelora Putra Delta pada 2000. Selama 20 tahun berpisah, para pemainnya diketahui tak pernah berkumpul lagi.

Tercatat ada 65 pemain yang memastikan bakal hadir. Sebanyak 18 di antaranya berasal dari wilayah Pulau Bali, sementara puluhan nama lain kini sudah terpencar ke penjuru Tanah Air.

Para pemain asal Bali yang hadir antara lain Kadek Swartama, Ida Bagus Mahayasa, Komang Adnyana, Wayan Suyadnya, Wayan Kana, Darma Putra, Alit Supartana, dan Wayan Sukadana. 

Sementara nama-nama nasional mulai Erick Ibrahim, Freddy Muli, Jamal Yastro, Nus Yadera, Ari Kurniawan, Jasman Harun, Irfan Syamsudin, Yusrifar Jafar, Didik Jambrong, dan masih banyak lagi.

Koordinator reuni Gelora Dewata 89, Wayan Sukadana mengatakan bahwa agenda ini begitu ditunggu-tunggu oleh para mantan penggawa Gelora Dewata. Hal ini ditunjukkan dengan bakal hadirnya mayoritas pemain dari luar Pulau Bali.

"Hampir semua mantan pemain mau berpartisipasi karena inilah reuni pertama setelah sekian lama," tutur Wayan Sukadana, Kamis (23/1/20) sore.

Dalam reuni nanti, Gelora Dewata 89 akan menggelar laga persahabatan melawan tim Siwo PWI Bali serta Putra Renon. Patut dinantikan seperti apa pertandingannya.

Sekadar mengingatkan, Gelora Dewata merupakan klub asal Bali pertama yang menjejak level elite di kancah sepak bola Indonesia. Pencapaian terbaik mereka adalah juara Piala Galatama 1993 yang lantas membuka jalan ke Piala Winners Asia 1994. 

1