Liga Spanyol

Jelang Kontra Valencia, Pelatih Barcelona Punya Strategi Khusus Untuk Lionel Messi

Sabtu, 25 Januari 2020 19:15 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alex Caparros/GettyImages
Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, dikabarkan memiliki strategi khusus untuk Lionel Messi dalam pertandingan LaLiga Spanyol melawan Valencia. Copyright: © Alex Caparros/GettyImages
Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, dikabarkan memiliki strategi khusus untuk Lionel Messi dalam pertandingan LaLiga Spanyol melawan Valencia.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, dikabarkan memiliki strategi khusus untuk Lionel Messi dalam pertandingan LaLiga Spanyol 2019-2020 melawan Valencia.

Pada Sabtu, 25 Januari 2020, Barcelona memang akan bertandang ke Stadion Mestalla untuk menghadapi tim tuan rumah Valencia. Ini adalah tantangan berat bagi pelatih baru mereka, Quique Setien, setelah menggantikan Ernesto Valverde beberapa waktu yang lalu.

Di klasemen sementara LaLiga Spanyol, Barcelona atau Blaugrana masih menempati posisi puncak dengan torehan 43 poin, hasil dari 13 kali menang, empat kali imbang, dan tiga kali kalah. Sementara itu, Valencia atau El Che menduduki peringkat tujuh dengan 31 poin, hasil dari delapan kali menang, tujuh kali imbang, dan lima kali kalah.

Menghadapi lawan sekelas Valencia di Mestalla, Barcelona tentu wajib mempersiapkan diri dengan baik. Oleh karena itu, Setien mencoba untuk merombak formasi. Melansir dari laman portal berita olahraga Forbes, sang pelatih dikabarkan bisa menurunkan satu dari tiga formasi, yaitu 3-4-3, 3-5-2, dan 4-3-3 khas Valverde.

Namun, terlepas dari apa skema yang akan ia turunkan, Setien hanya fokus kepada satu hal, yaitu menjaga Lionel Messi dari bidikan para pemain lawan. Pasalnya, banyak yang meyakini bahwa Valencia akan mengejar Messi dan berjuang untuk merobohkan (mencederai) bintang asal Argentina tersebut.

Ini adalah hal umum yang sering terjadi. Seorang pemain yang hebat pasti akan menjadi sasaran para pemain lawan untuk cepat dirobohkan. Salah satu contoh paling diingat adalah ketika pemain Vietnam, Doan Van Hau, mencederai Evan Dimas Darmono yang membuat Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di final SEA Games 2019.

Dikabarkan Setien akan menjadikan Messi sebagai 'False 9' atau penyerang palsu dalam formasi 3-5-2 dan 3-4-3 (3-4-1-2). Ia akan ditempatkan di belakang dua striker utama, yaitu Antoine Griezmann dan Ansu Fati, demi menjaga dirinya agar tidak terlalu menarik perhatian musuh.

Dalam lima pertemuan terakhir mereka di kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol dan Copa del Rey, Barcelona hanya mampu menang dua kali, yaitu 2-1 dan 5-2. Namun, Valencia juga hanya bisa menang satu kali, yaitu 2-1 di Copa del Rey. Dalam dua laga sisanya, mereka hanya bermain imbang 1-1 dan 2-2.