Liga Indonesia

Jelang Liga 1 2020, Manajemen Persija Berharap Kualitas Wasit Membaik

Selasa, 28 Januari 2020 14:52 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© ShopeeLiga1
Logo Liga 1. Copyright: © ShopeeLiga1
Logo Liga 1.

INDOSPORT.COM - Jelang bergulirnya Liga 1 2020 Persija Jakarta, berharap kualitas wasit makin membaik. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh pembina tim Persija Jakarta Marsekal Pertama TNI Ardhi Tjahjoko, demi meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

“Itu juga untuk memperbaiki kualitas liga juga,” ujar Ardhi Tjahjoko di Stadion Soemantri Brodjonegoro, dikutip dari Antara, Senin (27/01/20).

Menurut Ardhi, sejatinya Indonesia memiliki wasit dengan kecakapan di atas rata-rata. Akan tetapi, banyak pula yang kemampuannya belum sesuai yang diharapkan.

“Wasit kita itu, kalau dibilang baik ya baik, dibilang buruk ya buruk. Saya berharap di musim 2020 semakin bagus,” tutur Pembina Persija Jakarta, Ardhi Tjahjoko.

Sebelumnya, demi memperbaiki kualitas pertandingan dan liga, termasuk wasit, pengurus PSSI periode 2019–2023 memiliki terobosan, yakni dengan merombak struktur Badan Yudisial, yang di dalamnya termasuk Komite Disiplin, Komite Banding, Komite Etik dan Komite Wasit.

Saat ini, Komite Wasit dipimpin oleh Mayjen (Purn) TNI Sonhadji dan Hasani Abdulgani sebagai wakil.

Salah satu tugas mereka adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia menuju penggunaan teknologi video bantu wasit (VAR) yang rencananya mulai diterapkan tahun 2021.

Susunan Badan Yudisial terbaru disahkan dalam Kongres Biasa Tahunan PSSI yang digelar di Kuta, Bali, pada Sabtu (25/01/20).

Tentunya, struktural yang baru ini diharapkan bisa memberikan yang terbaik hingga Liga 1 2020 digulirkan sampai pada akhir musimnya.

Penulis: Ahmad Fatih Qadri