Liga Indonesia

10 Klub dengan Skuat Bintang Termahal di Asia Tenggara, Bali United 'Hempaskan' Persija dan Persib

Jumat, 31 Januari 2020 12:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
klub Liga 1 gagal bersaing dalam daftar teratas klub-klub termahal Asia Tenggara. Kalah dari klub Thailand bahkan Malaysia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
klub Liga 1 gagal bersaing dalam daftar teratas klub-klub termahal Asia Tenggara. Kalah dari klub Thailand bahkan Malaysia.

INDOSPORT.COM - klub Liga 1 gagal bersaing dalam daftar teratas klub-klub dengan skuat bintang termahal Asia Tenggara. Kalah dari klub Thailand bahkan Malaysia.

Baru-baru ini situs olah raga yang berbasis di Amerika Serikat, Foxsports Asia, merangkum daftar 10 klub termahal yang ada di Asia Tenggara.

Dengan sumber acuan data transfermarkt, terkumpulah 11 klub, yang mengisi daftar 10 klub termahal. Dengan dua klub menghuni urutan ke-10, lantaran memiliki nilai skuat yang sama.

Namun di antara daftar 10 klub termahal tersebut, hanya ada tiga klub Indonesia yang bisa mencuat. Itu pun tak ada yang masuk dalam daftar lima besar.

Satu yang mungkin menarik, diantara tiga klub asal Indonesia tersebut ada satu nama yang cukup mengejutkan muncul sebagai salah satu klub termahal di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkumkan kembali daftar 10 klub termahal di Asia Tenggara.

10. PSM Makassar/PT Prachuap FC

Klub Liga 1 PSM Makassar ada di urutan ke-10 besama klub Thailang PT Prachuap FC. Keduanya berada di urutan 10 klub termahal dengan nilai mencapai 4,01 juta pound atau setara Rp 70,5 miliar saat ini

9. Chiangrai United

Di urutan berikutnya ada klub Liga Thailand Chiangrai United. Dengan nilai mencapai 4,21 juta pound atau sekitar Rp7,4 Miliar, Chiangrai United berhak berada dalam urutan kedelapan klub termahal di Asia Tenggara.

8. TIRA Persikabo

Secara mengejutkan klub Liga 1 TIRA Persikabo bisa muncul sebagai salah satu wakil Indonesia di urutan klub termahal. TIRA Persikabo berhak menghuni peringkat delapan dengan nilai mencapai 4,23 juta pound atau Rp74,3 miliar.

7. Suphanburi FC

Berikutnya kembali klub Thailand masuk dalam urutan. Meski musim lalu harus terdegradasi dari kasta tertinggi, Suphanburi FC sukses menjadi salah satu klub termahal di Asia Tenggara. Bermodalkan skuat yang nilainya mencapai angka 4,6 juta pound atau sekitar Rp81,5 miliar.

6. Bali United

Berstatus sebagai klub termahal di Indonesia, Bali United hanya bisa berada dalam daftar keenam klub termahal di Asia Tenggara.

Posisi tersebut dihuni Bali United dengan bandrol pemain yang mencapai angka 5,18 juta pound atau Rp 91 Miliar. Fox Sports juga menyebut Bali United telah sukses mengalahkan saingan mereka, klub-klub papan atas Liga 1 lainnya seperti Persib Bandung, Persija Jakarta dan PSM Makassar untuk itu.

5. SCG Muangthong United 

Klub Thailand SCG Muangthong United berada di atas Bali United, pada urutan kelima. Posisi tersebut didapat SCG Muangthong United dengan nilai skuat 5,22 juta pound atau Rp91,4 miliar.

Buat SCG Muangthong United posisi tahun ini sebenarnya merupakan penurunan drastis. Sebab mereka di tahun 2019 adalah klub dengan nilai termahal di Asia Tenggara.

4. Johor Darul Ta’zim

Klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT) menjadi satu-satunya perwakilan Negeri Jiran. JDT berada di urutan keempat dengan nilai 6,23 juta poundsterling atau Rp109 miliar.

3. Port FC 

Juara Piala FA Thailand Port FC ada di urutan ketiga dalam daftar klub termahal Asia Tenggara. Dengan nilai 6,32 juta pound atau Rp111 miliar, Port FC  hanya tertinggal dari dua klub yang juga berasal dari Thailand.

2. Buriram United

Mengakhiri musim 2019 tanpa raihan gelar, tak menyurutkan posisi Buriram United sebagai salah satu klub termahal di Asia Tenggara.

Buriram United berada di peringkat dua dengan nilai mencapai 6,89 juta pound atau Rp121 miliar. Nilai tersebut didapat Buriram United berkat keberadaan tiga pemain asingnya Jeong Jae-yong, Bernardo Cuesta dan Ricardo Bueno.

1. True Bangkok United

Berhak menyandang status klub termahal Asia Tenggara saat ini adalah klub Thailand True Bangkok United. Status tersebut berhak diambil True Bangkok United dengan nilai skuat mencapai 7,34 juta pounds atau Rp129 miliar.

Posisi True Bangkok United sendiri sebenarnya menajdi menarik, sebab mereka hanya menghuni peringkat empat di klasemen Liga Thailand akhir musim lalu. Jauh dibawah juara Liga Thaialnd Buriram United.

1