Liga Italia

Apa Kabar Gabriel Batistuta? Pahlawan AS Roma yang Dicintai Fiorentina

Minggu, 2 Februari 2020 08:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© iSports.id
Legenda sepak bola Gabriel Batistuta, namanya akan selalu dikenang sebagai pahlawan AS Roma yang dicintai Fiorentina. Apa kabarya Batistuta kini? Copyright: © iSports.id
Legenda sepak bola Gabriel Batistuta, namanya akan selalu dikenang sebagai pahlawan AS Roma yang dicintai Fiorentina. Apa kabarya Batistuta kini?

INDOSPORT.COM - Gabriel Batistuta, namanya akan selalu dikenang sebagai pahlawan AS Roma yang dicintai Fiorentina. Apa kabarya Batistuta kini?

Kembali ke masa lampau, saat sepak bola masih berhulu kepada pentas Serie A Italia, banyak orang yang memuji nama Batistuta. 

Khususnya mereka para penggemar AS Roma yang sudah menonton sepak bola di awal masa millenium, Batistuta pasti dikenal sebagai salah satu pahlawan terhebat tim.

Musim 2000/01, Batistuta baru bergabung dengan AS Roma, setelah diboyong dari Fiorentina. Menjalani musim debutnya bersama AS Roma, Batistuta sama sekali tak canggung dan langsung bisa tampil tajam di mulut gawang lawan.

Batistuta total mencetak 20 gol di musim perdananya berkostum Roma tersebut. Hebatnya, ketajaman Batistuta juga berhasil mengantarkan Roma menjuarai gelaran Serie A Italia musim itu.

Sebelum tenar menjadi pahlawan AS Roma, Batistuta adalah pemain yang begitu dicintai Fiorentina. Meski Fiorentina sempat terdegradasi pada musim 1992/93, Batistuta yang sudah dikenal akan ketajamannya tetap bertahan, dan membawa klubnya meraih tiket promosi lagi setahun setelahnya, dengan menjuarai Serie B Italia 1993/94.

©
Momen Gabriel Batistuta saat masih berkostum Fiorentina. Copyright: Momen Gabriel Batistuta saat masih berkostum Fiorentina.

Batistuta sendiri akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2005. Legenda sepak bola Argentina tersebut gantung sepatu bersama klub terakhirnya, Al-Arabi.

Menjalani masa pensiun, Batistuta ternyata tak bisa lepas dari jagat sepak bola. Buktinya berdasarkan data dari Transfermarkt, Batistuta terlihat memiliki lisensi kepelatihan UEFA A.

Batistuta bahkan sempat menjabat sebagai direktur teknik dari salah satu tim Liga Argentina, CA Colon. Namun, Batistuta menjabat di sana hanya dalam rentang setahun saja, yakni 2012-2013.

Selain karier kepelatihan, Batistuta juga nampak menjadi komentator sepak bola. Hal itu nampak pada salah satu unggahan Batistuta di akun Instagram pribadinya. Kabar yang cukup mengejutkan, Batistuta ternyata masih berjuang untuk mengobati cedera kakinya. 

Beberapa tahun lalu Batistuta pernah mengungkap ke publik kalau dirinya memiliki cedera engkel kronis dan bahkan hampir saja membuat kakinya diamputasi.

Beruntung Batistuta bisa bangkit dari depresi dan terus menjalani proses penyembuhan. Gabriel Batistuta kerap membagikan momen dirinya pasca menjalani operasi ke akun Instagram pribadinya.