In-depth

Apa Kabar Nwankwo Kanu? Bagian dari Skuat Invincibles Arsenal yang Nyaris Meninggal Dunia

Selasa, 4 Februari 2020 19:10 WIB
Editor: Coro Mountana
© RT.com
Apa kabar Nwankwo Kanu, bagian dari invincibles Arsenal yang nyaris meninggal dunia. Copyright: © RT.com
Apa kabar Nwankwo Kanu, bagian dari invincibles Arsenal yang nyaris meninggal dunia.

INDOSPORT.COM – Nwankwo Kanu merupakan bagian dari skuat invincibles Arsenal yang ternyata nyaris meninggal dunia, bagaimana kabarnya sekarang?

Banyak orang akan menyebut George Weah sebagai pemain sepak bola terbaik di Afrika karena memang hanya ia satu-satunya yang mendapatkan trofi Ballon d’Or.

Mungkin bagi anak milenial zaman sekarang akan menyebut Mohamed Salah sebagai pemain terbaik Afrika. Apalagi Mohamed Salah bersama Liverpool sedang dalam perjalanan menuju rekor untuk mengalahkan invincibles (tak terkalahkan) milik Arsenal.

Namun ketahuilah, di skuat invincibles Arsenal musim 2003/04, diperkuat salah satu mutiara hitam dari Afrika bernama Nwankwo Kanu. Bagian dari skuat Invincibles Arsenal ini merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan oleh benua Afrika.

Perjalanan Karier Nwankwo Kanu

Lahir di Owerri, Nigeria pada 43 tahun yang lalu, Nwankwo Kanu berkembang menjadi penyerang jangkung (nyaris 2 meter) yang sangat berbahaya. Nama Nwankwo Kanu mulai dikenal luas setelah secara mengejutkan mampu membawa Nigeria U-17 juara Piala Dunia.

Nwankwo Kanu semakin harum namanya setelah masuk dalam skuat Ajax Amsterdam memenangkan gelar Liga Champions 1994/95. Setelah itu Nwankwo Kanu pun berganti-ganti tim hingga akhirnya Portsmouth menjadi klub terakhirnya pada 2012.

Dari sekian panjang karier Nwankwo Kanu, saat bermain di Arsenal menjadi masa-masa terbaiknya. Bagaimana tidak, ia bermain selama 5 musim dengan membawa Arsenal memenangkan 2 gelar Liga Inggris dan 2 Piala FA.

Tak hanya itu, Nwankwo Kanu pun juga menjadi bagian dari skuat invincibles Arsenal pada musim 2003/04. Meski pada saat itu peran Nwankwo Kanu tidak begitu siginifikan karena hanya mengemas 3 gol, tapi tetap saja penyerang Nigeria masuk dalam skuat bersejarah itu.

Bagi suporter Arsenal, Nwankwo Kanu tetaplah pemain penting yang terus dieluk-elukan ketika berbicara invincibles. Akan tetapi suporter Arsenal perlu tahu kalau Nwankwo Kanu sejatinya sebelum itu nyaris saja meninggal dunia.

Nyaris Meninggal

© INDOSPORT
Nwankwo Kanu, legenda Timnas Nigeria. Copyright: INDOSPORTNwankwo Kanu, legenda Timnas Nigeria.

Kejadian itu tepat pada saat ia bergabung dengan Inter Milan (klub sebelum ia ke Arsenal). Secara mengejutkan, ternyata Nwankwo Kanu mengidap penyakit jantung yang membuatnya harus segera menjalani operasi guna menyelamatkan hidupnya.

Pada tahun 1996, Kanu pun menjalani operasi dengan pergantian katup pembuluh darah aorta di jantungnya. Cara itu ditempuh karena dianggap sebagai satu-satunya langkah untuk menyembuhkan Kanu dari penyakit jantung.

Secara ajaib, Kanu pun dinyatakan sembuh dan melanjutkan kariernya sebelum akhirny masuk dalam buku sejarah bersama Arsenal.

© Goal.com
Kanu merayakan gol setelah berhasil menjebol gawang Chelsea Copyright: Goal.comKanu merayakan gol setelah berhasil menjebol gawang Chelsea

Selamat dari maut berkat operasi jantung hingga akhirnya menjadi legenda di Arsenal, lantas setelah pension, bagaimana kabar terkini Nwankwo Kanu?

Kabar Terkini Nwankwo Kanu

Setelah memutuskan pensiun dari sepak bola, Nwankwo Kanu diketahui melalui media sosial Instagram-nya banyak mengabdikan dirinya pada kegiatan sosial. Salah satunya dengan mendirikan yayasan bernama Kanu Heart Foundation.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kanu (@kingkanu4) on

Alasan di balik mengapa ia membangun yayasan tersebut karena ia ingin mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat di tanah airnya, Nigeria. Masa lalunya saat bertarung dengan penyakit jantung membuatnya sangat peduli rakyat Nigeria yang alami kelainan jantung.

Bahkan berkat usaha Kanu, timnya di yayasan tersebut telah menyelamatkan ratusan orang.

“Kita telah menyelamatkan 542 orang,” ujar Kanu seperti yang disadur dari Guardian pada September 2018 lalu.

Tak hanya itu, Kanu juga mendirikan akademi sepak bola pada awal tahun ini guna membantu anak-anak Nigeria yang ingin seperti dirinya menjadi pesepakbola sukses di Eropa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kanu (@kingkanu4) on

Nwankwo Kanu saat ini menjadi pribadi yang sangat bersyukur karena telah selamat dari penyakit jantungnya sehingga diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari skuat invincibles Arsenal.

Untuk itu kegiatan sosial menjadi pilihan Kanu untuk menghabiskan masa pensiunnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%