Liga Indonesia

Liga 1 2020 Belum Siap Gunakan VAR, PT LIB Manfaatkan Teknologi Lain

Kamis, 6 Februari 2020 18:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Zainal Hasan
Direktur PT LIB, Cucu Somantri, bersama para pengurus PT LIB melakukan pertemuan membahasa sponsor Liga 1 2020. Copyright: © INDOSPORT/Zainal Hasan
Direktur PT LIB, Cucu Somantri, bersama para pengurus PT LIB melakukan pertemuan membahasa sponsor Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Roda kompetisi Liga 1 2020 segera bergulir. Kompetisi sepak bola paling elite di Indonesia ini dijadwalkan memulai kick-off pada 29 Februari mendatang.

Laga antara Persebaya Surabaya menjamu Persik Kediri dipilih sebagai laga pembuka. Berbagai harapan pun diapungkan menjelang musim baru Liga 1.

Seperti wacana penggunaan Video Assitant Referee (VAR) yang masih terus digaungkan untuk dapat digunakan pada Kompetisi Liga 1 2020. Situasi ini tak lepas karena ketidakpuasan akan kepemimpinan wasit dalam pertandingan.

Namun, penggunaan teknologi VAR di Liga 1 2020 sepertinya belum dapat dilakukan. Hal ini diutarakan secara langsung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri.

"Menggunakan teknologi VAR itu tak sembarangan. Mungkin PSSI bisa beli alat-alatnya, tapi cara penggunaan tentu ada aturannya. Mungkin nanti di kompetisi 2021 kalau SDM sudah siap baru diberlakukan VAR," cetus Cucu Somantri.

Meski belum akan menggunakan VAR di Liga 1 2020, PT LIB bukan tanpa terobosan di Liga 1 2020. Mereka akan memaksimalkan teknologi yang sudah ada guna meminimalisasi kesalahan wasit di atas lapangan.

"Kami mungkin akan memanfaatkan teknologi mutakhir. Seperti penambahan kamera di lapangan dll. Itulah upaya yang bisa kami lakukan di Liga 1 2020," tukas Cucu Somantri.

Pro-kontra penggunaan VAR memang sudah digaungkan sejak Kompetisi Liga 1 2019. Hal ini tak lepas mencuatnya kasus pengaturan skor yang marak di kancah sepak bola Tanah Air.