Liga Italia

Menerka Peluang Lazio Jegal Juventus dan Inter dalam Perebutan Juara Serie A Liga Italia

Kamis, 6 Februari 2020 12:29 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Marco Rosi/Getty Images
Inilah analisis peluang klub penghuni Stadion Olimpico, Lazio, dalam perebutan gelar juara Serie A Liga Italia 2019-2020 melawan Juventus dan Inter Milan. Copyright: © Marco Rosi/Getty Images
Inilah analisis peluang klub penghuni Stadion Olimpico, Lazio, dalam perebutan gelar juara Serie A Liga Italia 2019-2020 melawan Juventus dan Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Inilah analisis peluang klub sepak bola penghuni Stadion Olimpico, SSC Lazio, dalam perebutan gelar juara Serie A Liga Italia 2019-2020 melawan kandidat kuat seperti Juventus dan Inter Milan.

Lazio telah mengalami peningkatan signifikan pada Serie A Liga Italia musim ini ketimbang musim-musim sebelumnya. Kita lihat dari musim 2015/16 dan 2018/19, di mana mereka hanya finis di posisi delapan. Kemudian, musim 2016/17 dan 2017/18 di mana mereka finis di posisi lima.

Sekarang, klub yang berjuluk Biancocelesti itu diyakini oleh banyak pihak mampu menjadi salah satu kandidat kuat peraih scudetto selain Juventus dan Inter Milan dengan menempati posisi tiga di klasemen sementara musim ini, tepatnya sampai pekan ke-22, dengan torehan 50 poin.

Mengantongi 50 poin, hasil dari 15 kali menang, lima kali imbang, dan dua kali kalah, tim yang dilatih oleh Simone Inzaghi itu hanya terpaut satu poin dari Inter Milan atau Nerazzurri di posisi dua (51 poin) dan terpaut empat poin saja dari Juventus di puncak klasemen dengan 54 poin.

Meski demikian, tampaknya prestasi ini tidak membuat berpeluang untuk menjuarai Serie A Liga Italia musim ini berdasarkan laman portal berita olahraga World Football Index. Padahal, Biancocelesti sukses meraih kemenangan atas tim-tim besar Italia seperti Juventus, Inter, dan AC Milan di musim lalu atau musim ini.

Mereka memang mampu menang dua kali lawan Juventus musim ini, yaitu 3-1 di Serie A dan 3-1 di Supercoppa Italia. Mereka juga pernah mengalahkan Inter musim lalu dengan skor 1-0 di Giuseppe Meazza, meski musim ini Nerazzurri bisa membalasnya. Terakhir, mereka juga sukses menang 2-1 atas AC Milan pada 4 November 2019 di San Siro.

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat Lazio bakal kesulitan untuk bersaing dengan Bianconeri atau Nerazzurri, yaitu hasil imbang melawan tim medioker sekelas Hellas Verona di laga tunda pekan ke-17 Serie A Liga Italia. Padahal, mereka menjalani laga tersebut di Olimpico, kandang Lazio sendiri.

Ditambah lagi, Inter telah mendatangkan banyak pemain sepak bola berkualitas di bursa transfer musim dingin 2020 seperti Ashley Young, Christian Eriksen, dan Victor Moses untuk memperkuat skuat Antonio Conte tersebut. Di sisi lain, Juventus juga tetap mampu tampil konsisten di bawah kepelatihan Maurizio Sarri.

Sehingga, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Lazio mungkin tetap berpotensi untuk mengudeta posisi Inter Milan di peringkat dua klasemen Serie A Liga Italia lantaran mereka hanya terpaut satu poin saat ini. Namun, untuk bisa menjegal dominasi Juventus, kecil peluang bagi tim Simone Inzaghi tersebut untuk meraihnya.

Apalagi, mereka juga tersingkir dari Coppa Italia 2020 dan Liga Europa musim ini. Ini membuktikan bahwa Lazio masih kurang kuat untuk bisa bersaing dengan tim-tim besar. Sehingga, mereka kurang pantas untuk bisa jadi juara domestik.