Liga Spanyol

Jelang Laga Sulit Kontra Getafe, Pelatih Barcelona Dibikin Pusing 4 Bintangnya

Selasa, 11 Februari 2020 19:21 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Yohanes Ishak
© getty images
Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, menghadapi dilema besar lantaran empat pilar utamanya tak bisa tampil untuk menghadapi Getafe. Copyright: © getty images
Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, menghadapi dilema besar lantaran empat pilar utamanya tak bisa tampil untuk menghadapi Getafe.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Barcelona, Quique Setien, menghadapi dilema besar lantaran empat pemain andalannya, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele jelang pertandingan LaLiga Spanyol 2019-2020 lawan Getafe CF harus absen.

Pada pekan ke-24 kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol musim ini, Barcelona memang akan menjamu Getafe CF di Camp Nou. Laga yang akan berlangsung pada Sabtu, 15 Februari 2020 pukul 22.00 WIB tersebut wajib mendapat perhatian khusus dari Blaugrana jika mereka ingin terus menempel Real Madrid.

Sampai pekan ke-23, Barcelona atau Blaugrana masih mampu menempel Real Madrid di puncak klasemen sementara dengan torehan 49 poin, hasil dari 15 kali menang, empat kali imbang, dan empat kali kalah. Mereka terpaut tiga poin dari Los Blancos yang memang tampil luar biasa musim ini.

Meski demikian, mereka akan menghadapi tim yang secara tak terduga mampu menempati posisi tiga tepat di bawah klub Catalan. Getafe benar-benar tampil luar biasa di musim ini, lebih baik dari musim lalu. Bahkan, bisa dikatakan ini merupakan musim terbaik mereka selama lima musim terakhir (sejak 2015/16).

Klub yang dilatih oleh Jose Bordalas itu mampu mengumpulkan 42 poin, hasil dari 12 kali menang, enam kali imbang, dan lima kali kalah. Sehingga, mereka terpaut tujuh poin saja dari Blaugrana. Hal ini juga mengisyaratkan bahwa jika seandainya Lionel Messi dan kawan-kawan menelan kekalahan, posisi mereka tidak berubah.

Menghadapi tim kuat seperti Getafe, Quique Setien tentu harus mempersiapkan skuatnya dengan baik agar bisa terus menempel Real Madrid. Akan tetapi, melansir dari laman portal berita olahraga Caught Offside, ia justru menghadapi dilema besar lantaran dua pemainnya, Gerard Pique dan Samuel Umtiti, tidak bisa tampil.

Gerard Pique memang tidak bisa tampil lantaran akumulasi kartu kuning, dengan total 10 kartu yang ia dapat musim ini. Sementara itu, Samuel Umtiti juga tidak bisa ikut bertanding lantaran mengalami cedera beberapa waktu yang lalu. Inilah hal yang membuat Setien pusing tujuh keliling.

Padahal, lini belakang menjadi kelemahan utama Barcelona di musim ini. Rapuhnya wilayah pertahanan membuat mereka telah kebobolan 28 gol, jauh lebih parah ketimbang Athletic Bilbao di posisi sembilan yang baru kebobolan 23 gol sampai Liga Spanyol pekan ke-23.

Ini memperparah situasi dimana Luis Suarez dan Ousmane Dembele sebelumnya juga dikabarkan tidak bisa tampil karena cedera. Sehingga, total empat pilar utama Barcelona tidak bisa tampil di pertandingan krusial kontra Getafe tersebut. Jika Setien tidak bisa menyelesaikan masalah ini, bukan tidak mungkin Blaugrana bakal dipermalukan di kandang sendiri.

Dari lima pertemuan terakhir mereka di kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol, Barcelona mampu memenangkan empat pertandingan, yaitu 2-1, 2-1, 2-0, dan 2-0 atas Getafe. Sementara itu di satu laga sisanya, kedua tim hanya bermain imbang 0-0 di Camp Nou.