Liga Indonesia

Ada Ketimpangan dalam Skuat Persib Jelang Liga 1 2020, Surplus Sayap?

Rabu, 12 Februari 2020 14:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung menjelang Liga 1 2020 terlihat gemuk, tapi masih ada sektor yang cukup jomplang dan mungkin membutuhkan pembenahan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung menjelang Liga 1 2020 terlihat gemuk, tapi masih ada sektor yang cukup jomplang dan mungkin membutuhkan pembenahan.

INDOSPORT. COM - Skuat Persib Bandung menjelang Liga 1 2020 terlihat gemuk, tapi masih ada sektor yang cukup jomplang dan mungkin membutuhkan pembenahan.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2020, memang tinggal menunggu waktu saja untuk bergulir. Kalau sesuai rencana, kick-off akan resmi dimulai pada 29 Februari mendatang.

Persib sebagai salah satu klub peserta tentu sudah melakukan persiapan serius. Manajemen telah merekrut sejumlah nama baru, sekaligus menggelar beberapa laga uji coba.

Soal rekrutan anyar, Persib mendatangkan empat pemain lokal, yakni Teja Paku Alam, Dhika Bhayangkara, Zulham Zamrun, dan Beni Oktovianto, sedangkan di slot asing non-Asia kedatangan Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda).

Terkait uji coba, Persib Bandung beberapa waktu lalu sampai mengikuti ajang Asia Challenge 2020 di Malaysia. Setelah kembali ke Indonesia, mereka menjajal kekuatan Melaka United dan Barito Putera.

Meski segala persiapan tampak serius, Persib jelas tak boleh langsung bersantai begitu saja. Apalagi, masih ada pekerjaan rumah yang mungkin harus segera mendapatkan pembenahan.

Pekerjaan rumah tersebut terkait komposisi skuat Persib menjelang Liga 1 2020. Robert Rene Alberts selaku pelatih harus melihat kalau ada sektor yang cukup jomplang di dalam kekuatan anak asuhnya.

Persib Bandung kini surplus pemain berposisi winger. Berdasarkan data Transfermarkt, setidaknya ada sembilan nama, mulai dari Febri Hariyadi, Wildan Ramdhani, Puja Abdillah, Josel Omkarsba, Erwin Ramdani, Zulham Zamrun, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar, hingga Frets Butuan.

Bahkan Persib masih punya Agung Mulyadi dan Billy Keraf. Meski berposisi natural gelandang sayap, keduanya tergolong mumpuni pula bila ditempatkan pada posisi winger.

Bila ditotal, berarti sudah ada 11 winger dalam skuat Persib. Angka ini paling banyak kalau dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya.

Kebijakan dari Robert Rene Alberts

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat pertandingan uji coba menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat pertandingan uji coba menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020).

Robert Rene Alberts mungkin harus ambil tindakan tegas untuk mengatasi masalah penumpukan winger tadi. Entah sering melakukan rotasi atau meminjamkan nama tak terpakai ke klub lain, bisa jadi opsi yang dia ambil.

Toh, jika mau menerka lebih jauh, mungkin dari 11 winger, hanya segelintir nama saja yang akan dipakai rutin oleh Persib. Febri Hariyadi, Zulham Zamrun, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar, rasanya bakal mendapat jam terbang lebih, mengingat kiprah mereka yang cukup menawan.

Febri merupakan winger Persib Bandung berlabel Timnas Indonesia. Musim lalu, Febri juga tampil cemerlang lewat sumbangan sembilan gol.

Zulham Zamrun, sosoknya baru direkrut dan terkenal sebagai winger andalan Robert Rene Alberts semasa masih menukangi PSM Makassar. Kemungkinan besar peran yang sama masih akan didapatkan Zulham di Persib.

Vizcarra, sepanjang Liga 1 2019 penampilannya memang melempem karena hanya bisa mencetak tiga gol dari 27 laga. Namun, sepertinya dia mampu menemukan sentuhan emasnya sekali lagi. Sebab, dalam laga uji coba kontra Barito Putera kemarin, dirinya berhasil memborong dua gol dan membawa Persib menang 2-1.

Terakhir, Ghozali Siregar, musim lalu tergolong mendapatkan menit bermain reguler. Ia tampil 25 kali sepanjang Liga 1 2019, dan rasanya perannya masih akan terus diandalkan musim depan.

Bagaimana dengan nama-nama lainnya? Frets Butuan dan Erwin Ramdani rasanya masih bisa mendapatkan peran, tapi hanya sebagai pelapis saja. Peluang keduanya untuk tetap dipertahankan lantaran musim lalu mereka mendapatkan menit bermain lebih dari 15 laga.

Sementara sisanya, Billy Keraf, Agung Mulyadi, Josel Omkarsba, Wildan Ramdhani, serta Puja Abdilla, rasanya perlu usaha keras untuk mendapatkan menit bermain. Robert Rene Alberts mungkin bisa melepas mereka dengan status pinjaman ke klub lain.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal sektor yang jomplang di skuat Persib Bandung jelang Liga 1 2020. Patut dinanti, seperti apa nanti racikan Robert Rene Alberts untuk menyiasatii penumpukkan winger tersebut?