Bola Internasional

Berkarier di Eropa, Witan Sulaeman Catat Sejarah Penting di Sepak Bola Serbia

Rabu, 12 Februari 2020 12:49 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Megabintang timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman, sukses mencatatkan sejarah penting di sepak bola Serbia setelah dirinya resmi gabung ke FK Radnik Surdulica. Copyright: © INDOSPORT
Megabintang timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman, sukses mencatatkan sejarah penting di sepak bola Serbia setelah dirinya resmi gabung ke FK Radnik Surdulica.

INDOSPORT.COM - Bintang sepak bola Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman, sukses mencatatkan sejarah penting di Liga Serbia setelah dirinya resmi gabung ke klub FK Radnik Surdulica.

Belum lama ini, Witan Sulaeman dikabarkan telah resmi gabung ke klub Eropa, FK Radnik Surdulica, setelah ia meninggalkan klub Liga 2 Indonesia, PSIM Yogyakarta, yang telah ia bela sejak 2019 yang lalu. Kabar ini sekaligus menepis isu yang beredar bahwa ia akan menyusul Egy Maulana Vikri ke Polandia.

Namun ternyata, Witan memilih berkarier di Serbia. Tak tanggung-tanggung, winger asal Palu, Sulawesi Tengah, berusia 18 tahun itu mampu menembus liga kasta tertinggi di Serbia, yaitu Liga Super Serbia. Plus, FK Radnik Surdulica bukanlah tim sembarangan, mereka pernah juara domestik pada 2012/13 dan 2014/15.

Ini merupakan sebuah peristiwa fenomenal yang bersejarah, bukan saja bagi Witan sendiri, tapi juga bagi pihak Radnik. Seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Mozzart Sport, Witan berhasil mengukir sejarah baru dengan menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain untuk klub sepak bola Serbia.

Tentu, ini juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, yang mampu, sekali lagi, untuk mengantarkan bakat muda mereka setelah Egy Maulana Vikri, untuk berkarir di Eropa. Di sisi lain, ini juga memang merupakan perwujudan terkabulnya doa dari Witan, yang ternyata punya mimpi untuk berkarir di Eropa.

Sebenarnya, sudah ada beberapa klub Eropa yang tertarik untuk mendapatkan jasa Witan, seperti klub-klub dari Belgia dan juga Lechia Gdanks, yang merupakan klubnya Egy. Namun, Witan justru merapat ke Radnik, dimana dirinya telah dikontrak untuk membela selama tiga setengah musim.

Witan Sulaeman pernah memperkuat timnas sepak bola Indonesia U-19 dan U-23, dimana ia mampu mencetak total 11 gol dari 25 pertandingan. Sementara itu di PSIM Yogyakarta, ia baru dimainkan enam kali di laga kandang dan belum mencetak gol.