Liga Indonesia

Membandingkan Irfan Bachdim dan Irkham Mila, Siapa yang Layak Jadi Pilihan Utama PSS Sleman

Kamis, 13 Februari 2020 07:39 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Dua pemain PSS Sleman di Liga 1 2020, Irfan Bachdim dan Irkham Zahrul Mila. Copyright: © INDOSPORT
Dua pemain PSS Sleman di Liga 1 2020, Irfan Bachdim dan Irkham Zahrul Mila.

INDOSPORT.COM - Irfan Bachdim secara resmi menjadi bagian PSS Sleman di Liga 1 2020. Layakkah eks Bali United itu menyisihkan pemain muda Irkham Zahrul Mila di pos sayap kanan.

Setelah sempat santer berembus rumor di bursa transfer, Irfan Bachdim akhirnya secara resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSS Sleman untuk Liga 1 2020, Rabu (12/02/20).

Kepastian berlabuhnya pemain 31 tahun itu jelas merupakan kabar bagus, buat PSS Sleman yang banyak ditinggal bintang lini depannya pada bursa transfer kali ini.

Namun, di sisi lain, kedatangan Irfan Bachdim juga membuka persaingan dengan pemain muda Irkham Milla. Sama-sama berposisi sebagai sayap atau winger kanan, kedatangan Irfan Bachdim bisa membuat Irkham Mila yang musim lalu cukup sering bermain, akan tersisih di Liga 1 2020 nanti.

Pertanyaannya, dengan catatan bagus selama Liga 1 2019 lalu, layakkah Zahrul Mila disisihkan dengan kedatangan Irfan Bachdim?

Irfan Bachdim vs Irkham Zahrul Mila

Jika melihat nama besar, Irfan Bachdim jelas jauh unggul dibandingkan Irkham Mila. Pemain 31 tahun itu punya pengalaman hingga level internasional di klub maupun Timnas Indonesia. Selain itu, label pemain juara juga tersemat di Irfan Bachdim, sebagai bagian skuat Bali United di Liga1 2019.

Meski begitu, jika berkaca pada torehan di Liga 1 2019, secara individu Irfan Bachdim justru tak mampu mengungguli jauh capaian Irkham Mila.

Bermain di posisi yang sama, Irfan Bachdim memang bisa mengungguli Irkham Mila dalam torehan gol. Dirinya mencatatkan tiga gol dari 18 pertandingan, sementara Irkham Milla hanya bisa melesatkan dua gol dari 17 pertandingan.

Tetapi dari torehan assist, Irfan Bachdim justru jauh tertinggal dari Irkham Mila yang baru beusia 21 tahun. Pemain muda PSS Sleman itu unggul dengan lima assist, berbanding satu assist milik sang rekrutan anyar klub berjuluk Super Elang Jawa itu.

Berkaca pada catatan tersebut, maka sangat disayangkan jika nantinya Irkham Mila akan dikesampingkan dengan kedatangan Irfan Bachdim. Sebab, secara kualitas, pemain yang juga merupakan bagian Timnas Indonesia U-23 itu sangat layak mengisi tempat utama.

Maka dari itu, jika kedua pemain sedang dalam kondisi yang maksimal, maka pantas rasanya Irkham Mila tetap diberikan tempat utama di sektor sayap atau winger kanan. Karena sebagai pemain muda, dirinya tentu sangat butuh menit bermain untuk mengembangkan kualitasnnya.

Selain itu Irfan Bachdim dengan kemampuannya sebenarnya juga bisa dimanfaatkan di posisi lain. Sebagai winger kiri atau sebagai second striker.

Pemindahan posisi bermain Irfan Bachdim itu rasanya akan menjadi solusi yang lebih masuk akal, dibandingkan mencadangkan Irkham Zahrul Mila. Jika keduanya sedang sama-sama dalam kondisi maksimal untuk dimainkan PSS Sleman di pertandingan Liga 1 2020.